Pengunjung menikmati Pecel horog horog di  Bendung Mbungpis

Jepara – Salah satu tempat wisata desa yang viral di medsos baik IG atau Facebook adalah Bendungan Mbungpis desa Gerdu kecamatan Pecangaan. Jika sore hari tempat ini dikunjungi oleh ratusan warga yang duduk santai beristirahat dengan keluarga. Mereka melihat dari dekat jembatan gantung, aliran air sungai , kondisi jembatan karet dan juga pukuhan kerbau yang mandi di sungai.

Mereka duduk duduk di tikar berwarna warni sambil makan dan minum yang disediakan pedagang. Aneka minuman dijual disana mulai es teh, kopi ,es sirup dan minumsn kekinian lainnya.Adapun makanannya selain aneka gorengan adalah lontong dan juga horog horog pecel khas dari Jepara.

” Ramainya ya sekitar 2-3 bulanan ini .Memang dulunya sudah ada penjual makanan dan minuman di warung.Namun setelah dibuat lesehan pengunjung semakin lama semakin banyak .Kalau hari Minggu sore atau Jum’at sore kondisi tidak hujan semua tikar penuh pengunjng”,kata Harun Arrosyid warga desa Gerdu yang rumahnya tidak jauh dari Mbungpis Gerdu.

Sebelum viral penjual makanannya hanya satu orang yaitu ibu Ngatini yang dibantu anak anaknya.Lapak ibu Ngatini berada disebelah barat mbungpis atau disebelah timur jembatan lama. Namun saat ini dibagian timur bendungan juga ada tikar tikar yang digelar untuk pengunjung yang ingin bersantai di tempat ini.

Pengunjung duduk lesehan sambil melihat pemandangan di sekeliling ,foto Netizen FB

” Kalau yang timur jembatan yang jualan pedagang baru dan ada sekitar 5 orang .Selain itu masih ada penjual aneka makanan keliling dengan sepeda motor .Jadi suasananya bertambah ramai apalagi kondisi tidak hujan ini tempat semua penuh orang “, tambah Harun

Pengunjung yang datang ke tempat ini menurut Harun tak perlu mengeluarkan banyak uang. Selain tanpa biaya parkir juga makanan dan minuman yang dijual harganya standart tidak “ngepruk” atau “Nengkik”. Inilah yang membuat area mbungpis ini selalu ramai di sore hari.

” Tak lihat yang jualan harganya standar untuk minuman kopi misalnya Rp 3.000 ,Lontong Pecel Rp 5.000 jadi jika membawa uang Rp 10 ribu misalnya masih ada tambahan gorengan atau makanan lain.Untuk parkir gratis “, kata Harun lagi.

Nah itu sekelumit informasi tempat wisata desa yang sedang Viral di Sosmed.Bila anda ingin bersantai di tempat ini silakan cari di map kata kunci Bendungan Mbungpis atau Jembatan Bungpis. Lebih seru jika datangnya berombongan. ( Pak Muin )