Jepara – Desa Panggung kecamatan Kedung kabupataen Jepara selain mempunyai Destinasi Wisata Pantai Seribu Ranting yang semakin ramai . Kini ada satu lagi obyek wisata yang dibuka untuk lebih mengenalkan desa ini ke public. Namanya Wisata Omah Piting (WOP) yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Seribu Ranting. Obyek wisata ini baru tahap rintisan atau pembenahan.

Mustaqim pengelola Wisata Omah Piting mengatakan , tempat pembesaran Kepiting Sokka ini adalah hutan mangrove mini yang dulunya dibiarkan begitu saja. Namun oleh Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan ) Panji Muda desa Panggung seterusnya dikelola menjadi tempat pembudidayaan Kepiting sekaligus untuk Obyek Wisata yang di beri nama Wisata Omah Piting (WOP).

“ Selain kami tebari bibit kepiting bantuan dari BBPBAP Jepara , tempat ini kami tata agar bisa dikunjungi siapa saja . yaitu membuat jembatan kayu disepanjang hutan mangrove mini. Dengan adanya jembatan kayu ini pengunjung bisa berkeliling dan juga beristirahat duduk duduk di dalam hutan mangrove ini “, kata Mustaqim Minggu (12/12)

Selain sebagai tempat pembudidayaan kepiting tempat ini dikembangkan menjadi Ekowisata yang bisa dikunjungi siapa saja yang ingin belajar tentang budidaya kepiting. Oleh karena itu WOP ini terus dibenahi terkait keamanan dan kenyaman pengunjung. Misalnya menambah lagi jembatan kayu (tracking) di di sepanjang hutan mangrove mini.

Tidak itu saja Mustaqim juga berharap nantinya tempat ini juga bisa sebagai tempat untuk bersantai ria , kumpul-kumpul ,rapat dan acara lainnya . Sehingga nantinya ada pondok pondok di dalam area WOP ini. Untuk mewujudkan ini ia masih butuh bantuan dan binaan dari instansi terkait agar Eko Wisata Omah Piting ini benar benar terealisasi ke depannya.

“ Terkait untuk Kepiting saat ini WOP sudah melayani sistem pesanan. Jika ada warga yang butuh Kepiting bisa menghubungi kami . Dalam kondisi Mentah atau sudah di masak . Namun nnanti ketika bibit bibit yang ditebar sudah besar pengunjung bisa langsung beli di WOP ini “, tambah Mustaqim.

Untuk menuju ke WOP ini tidaklah sulit lokasinya tidak jauh dari Pantai Seribu Ranting Panggung . Jika anda masuk ke jalan menuju Pantai Seribu Ranting nanti ada penujuk arah yang menuju ke WOP. Anda bisa tanya kepada warga setempat pasti akan ditunjukkan letak dari WOP ini. ( Muin)