Demak – Mahasiswa KKN RDR ke 77 kelompok 94 UIN Walisongo Semarang, kunjungi UMKM  pembuatan pizza pada tanggal 10 November 2021 di kabupaten Demak, desa Temuroso kecamatan Guntur. KKN Reguler merupakan kegiatan kuliah kerja nyata yang di laksanakan pada suatu wilayah dan tidak di perkenankan untuk melakukan kegiatan akademik lain kecuali KKN.

Sinta Anggreani mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang sedang melaksanakan KKN Reguler melakukan kunjungan UMKM pembuatan Pizza usaha Ibu Siti .  Pembuatan pizza ini berada di desa temuroso. Sebelum adanya pandemi covid 19 Ibu siti berprofesi sebagai buruh pabrik yang kemudian menjadi salah satu karyawan yang di PHK.

Untuk menambah penghasilan keluarga sehari hari  ibu siti beralih profesi membuat usaha mikro di rumah dengan membuat pizza. Ibu Siti  yang kini telah berusia 40 tahun telah menjalankan usaha mikro nya selama 1 tahun ini. 

Tujuan Sinta melaksanakan  kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan referensi bagi siapa saja  untuk melakukan  usaha untuk menambah penghasilan keluarga  .Adapun proses  pembuatan pizza adalah sebagai berikut :

Tata cara pembuatan pizza :

Untuk pembuatan satu loyang pizza menggunakan bahan  sebagai berikut. 

Untuk bahan olen 

– 12 sendok tepung berprotein tinggi

– 1/2 sendok garam 

– 1 sendok gula putih

– 1/2 sendok ragi instan

– 24 sendok atau setengah gelas air

Pizza buatan ibu Siti siap dipasarkan

Semua bahan di campur dan di oleni sampai kalis atau tidak lengket. 

Setelah itu ditutup menggunakan kain atau lainya di tunggu setengah jam agar mengembang dengan baik. 

Setelah mengembang, cetak rata di loyang atau bisa menggunakan teplon. 

Kemudian tusuk pake garpu agar roti bisa empuk. 

Kemudian bahan toping 

– 1 bungkus sosis siap makan

– 2 sendok saos tomat

– 1 sendok saos pedas

– 1/2 sendok saos spageti

– parutan keju secukupnya

Kemudian laburi bahan roti dengan semua caos sampe rata, lalu taburi sosis yang telah di potong tipis kemudian tambah parutan keju secukupnya. Panggang di api yang kecil tunggu 10 hingga 15 menit. 

Satu loyang pizza di potong menjadi 8 bagian, di jual satu potong nya dengan harga seribu rupiah, bukan hanya di jual secara ecer saja, pizza ibu siti juga menyediakan berbagai macam toping dengan harga lima belas ribu sampai dua puluh ribu rupiah. Pemesanan di lakukan secara online melalui sosial media yaitu instagram dan juga melalui whatsAAP.