Pemalang– Mahasiswa KKN RDR ke-77 kelompok 110 UIN Walisongo, mengadakan lomba keagamaan untuk memeriahkan hari santri nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2021 di Dukuh Sidamulya. Bertempat di TPQ Al-Khoeriyah, Kamis (21/10/21).

Perlombaan-perlomban yang diadakan meliputi lomba hafalan surat-surat pendek, lomba bacaan sholat dan doa harian serta lomba adzan. Pendaftaran lomba dimulai pada tanggal 19 Oktober hingga 20 Oktober. Dengan jumlah peserta sebanyak 33 peserta yang merupakan anak-anak di sekitar Dukuh Sidamulya.

Devisi keagamaan kelompok 110 yang merupakan ketua pelaksana lomba, Widya Lestari mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, mengatakan selain untuk memeriahkan Hari Santri Nasional, lomba ini diadakan sebagai pengingat akan perjuangan santri di masa penjajahan, selain itu perlombaan ini juga sebagai sarana bagi anak-anak untuk melatih keberanian tampil di depan umum dan meningkatkan kreativitas serta bakat anak-anak di Dukuh Sidamulya.

“Adanya lomba ini bisa dijadikan ajang pembelajaran untuk anak agar bisa bersaing dalam kebaikan dan melatih mental anak agar berani menunjukkan bakat mereka, khususnya di bidang agama”, ujar Widya. (22/10/2021)

Anak-anak dukuh Sidamulya sangat antusias dalam mengikuti perlombaan yang diadakan. Antusiasme ini bukan hanya dirasakan oleh anak-anak saja, melainkan orang tua juga ikut dalam memeriahkan perlombaan ini. Mereka hadir sebagai supporter bagi peserta yang mengikuti lomba.

“senang ada perlombaan ini, karena saya dan teman-teman jadi lebih banyak belajar menghapal surat-surat pendek, do’a-do’a bacaan sholat dan adzan.” Kata Najwa Aulia, juara 1 lomba do’a-do’a dan jura 2 hafalan surat pendek. (22/10/2021)

Selain itu, pengasuh TPQ Al-Khoiriyah menyambut dengan baik atas kegiatan lomba yang diadakan mahasiswa KKN UIN Walisongo. Karena selain menambah semangat anak-anak Dukuh Sidamulya, kegiatan lomba untuk memperingati hari santri baru pertama kali diadakan di Dukuh Sidamulya ini. “Semangat, semoga acaranya berjalan dengan lancar”. Kata ustadzah Indah selaku anak dari pengasuh yang telah memberikan izin atas diselenggarakannya lomba dalam memeriahkan Hari Santri Nasional 2021.