Sukoharjo – Desa Merdeka : Guna mengawal pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Desa yang rencananya disahkan pada Rapat Paripurna DPR RI, Rabu (18/12) besok, Forum Pembaharuan Desa (FPD) Kabupaten Sukoharjo berangkat ke Jakarta, Selasa (17/12) siang ini.

Puluhan anggota FPD yang terdiri dari perangkat desa (Perdes), Kepala Desa (Kades) dan tokoh masyarakat berangkat menggunakan 3 armada bus dari Solo Baru. Rencananya, 3 armada tersebut akan bergabung dengan rombongan FPD dari berbagai kabupaten di Soloraya dan berangkat bersama dari Boyolali menuju Jakarta, siang ini.

Koordinator Lapangan Pemberangkatan FPD Kabupaten Sukoharjo Bambang Minarno menjelaskan, anggota dari Sukoharjo yang rencananya ikut untuk mengawal pengesahan RUU Desa sekitar 120 orang. Hadirnya FPD di tengah pengesahan RUU Desa adalah untuk membuktikan bahwa pengesahan UU Desa merupakan murni kehendak masyarakat desa.

“Kita akan berangkat untuk mengawal pengesahan UU Desa, yang rencananya disahkan dalam agenda Rapat Paripurna di DPR RI besok. Kita kesana untuk mengawal lahirnya Undang-undang Desa yang merupakan kehendak masyarakat desa,” jelas Bambang Minarno.

Forum Pembaharuan Desa menganggap dengan disahkannya Undang-undang Desa, nantinya Desa akan mendapatkan alokasi anggaran dari APBN. Sehingga desa tidak lagi menjadi tumpangan untuk kegiatan politik tertentu.

“Dengan lahirnya UU Desa, maka desa akan mendapatkan alokasi anggaran dari APBD dan tidak lagi menjadi tumpangan politik tertentu. Kita di Jakarta 2 hari. Sementara untuk besok, tugas kami di Desa digantikan sementara oleh Sekretaris Desa. Kita berharap tuntutan disahkan UU Desa sesuai yang disepakati Pansus dan Pemerintah,” tutur Bambang Kepala Desa Karangasem.

Menurut Bambang, kehadiran mereka besok untuk mengawal sekaligus mencatat jika ada anggota dewan yang mangkir dari Paripurna dan menghambat proses pengesahan UU Desa.

“Kita akan boikot anggota legislatif yang tidak mendukung lahirnya UU Desa. kita catat siapa yang mangkir dan kita akan boikot pencalegannya pada Pemilu 2014 mendatang melalui Dapil masing-masing,” imbuhnya. (timlo)