Jepara – Satgas Gp Ansor PAC Batealit pagi tadi mulai melaksanakan penyemprotan disinfektan guna mencegah wabah Covid-19. Penyemprotan dimulai dari MWC Batealit dan markas Ansor Banser Batealit.

Baru kemudian satgas menyebar untuk pelaksanaan penyemprotan di ranting masing-masing.

Adapun yang disemprot dengan cairan disinfektan adalah Masjid, Musholla, sekolah-sekolah dan pondok pesantren.
Pasalnya, tempat tersebut merupakan fasilitas umum yg sering digunakan oleh masyarakat.

Muarrfin, Ketua PAC Ansor Batealit mengatakan, penyemprotan dimulai hari Jumat hingga Ahad nanti. Lantaran, tidak setiap ranting memutuskan untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan hari ini.

“Selain itu, ada beberapa ranting yg menyemprot hingga 19 tempat, sehingga tidak mungkin jika selesai hanya 1 hari saja” paparnya.

Lebih lanjut, Muarrifin mengatakan, penyemprotan disinfektan ini merupakan bentuk kepedulian Ansor terhadap warga masyarakat untuk mencegah wabah corona.

“Jadi selain berdoa dengan sungguh-sungguh, yakni usaha batin, kami juga melaksanakan ikhtiar dohir” jelasnya.

Sementara itu, Nyoman, Kapolsek Batealit yg pagi itu hadir pada apel ceremoni pembukaan memberi pesan untuk selalu waspada terhadap virus Covid 19 ini.

Ia juga menegaskan untuk selalu jaga jarak, tidak menghadiri kerumunan yg tidak penting, sering cuci tangan pakai sabun dan kalau salaman tidak perlu saling menempel.

Perihal kegiatan keramaian seperti pernikahan, pengajian dll, ia menyampaikan bahwa kepolisian tidak melarang, tetapi menunda dulu kegiatan-kegiatan yg memang mengundang kerumunan hingga kondisi kembali kondusif.

Dalam apel pagi tersebut nampak hadir Kyai Hasyim, MWC NU Batealit, Dinas Kesehatan dari Puskesmas Batealit dan juga Danramil. Acara dimulai pukul 8.30 hingga 09.00 WIB.

Dalam penyemprotan pagi tadi di desa-desa, masyarakat nampak antusias dan mendukung kegiatan tersebut. Bahkan beberapa ranting bekerjasama dengan pemerintah desa melaksanakan penyemprotan disinfektan ini.

Untuk keamanan dalam penyemprotan, satgas nampak memakai APD lengkap, mulai dari jas hujan, sapu tangan, masker, sepatu, kacamata dan helm.

Tak lupa cairan disinfektan yg dimasukkan ke dalam tempat khusus. Yakni, alat penyemprot yg memang digunakan untuk melaksanakan tugasnya.

Selain itu, Ansor Banser Juga memberikan edukasi kepada masyarakat perihal menghadapi wabah ini. Antara lain adalah dengan sosialisasi bagaiamana cara mencuci tangan yg benar dan juga tidak sering berkumpul pada kerumunan.

Akhir kata, semoga dengan sedikit ikhtiar ini, Allah berkenan menurunkan rahmatnya dengan mengangkat dan menghilangkan wabah Corona ini. Amiin

يا لطيفا لم يزل الطف بنا فيما نزل انك لطيف لم تزل الطف بنا والمسلمين

Tabik

Sumber Info : FB PAC Anshor Batealit