PMI Kabupaten Jepara sukses Gelar kegiatan JUMBARA Ke-XIV

PMI  Kabupaten Jepara sukses Gelar  kegiatan  JUMBARA  Ke-XIV

Guyangan Jepara -Palang Merah Indonesia Kabupaten Jepara sukses mengadakan kegiatan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) Ke-XIV, di Desa Guyangan Kecamatan Bangsri pada tanggal 30 April S/d 3 Mei 2019. Acara dibuka resmi oleh Asisten II Bupati Jepara: Mulyaji.

Jumbara merupakan program rutin dari PMI Kabupaten Jepara dalam rangka Pembinaan Generasi Muda yang dilaksanakan 2 tahun sekali, yang bertujuan agar para anggota PMR bisa bertegur sapa dan saling bertukar ilmu antar para anggota PMR Se-Kabupaten Jepara, sekaligus merancang peran kegiatan sukarelawan untuk mendukung dan melaksanakan program peningkatan organisasi dan pelayanan PMI. Seperti yang disampaikan Camat Jumbara tahun 2019.

“Jumbara itu adalah menjalankan extra PMI, untuk pembinaan generasi muda mulai tingkat PMR mula sampai wira dan sebagai evaluasi kemampuan peserta dalam menyerap pembelajaan selama 2 tahun”, Jelas Muhammad Toha.

Menurut Koordinator Kesekretariatan Rizal Abror, Sekitar 1000 orang telah memadati desa guyangan sejak tanggal 30 April s/d 3 Mei 2019 untuk mensukseskan jumbara Ke-XIV tahun 2019, diikuti oleh 7 sekolah tingkat Mula, 20 sekolah tingkat Madya dan 22 sekolah tingkat Wira. Pengumuman pemenang dan penyerahan piala lomba dilaksanakan pada jum’at (3/5). Adapun hasil perolehan juara umum pada tingkat Mula, diperoleh oleh SDN 4 Panggang Jepara. Pada tingkatan Madya, diperoleh SMP 1 Jepara. Pada tingkatan Wira, diperoleh SMA Negeri 1 Bangsri. Dan untuk juara permasing-masing cabang lomba bisa dilihat di alamat web: kompetisi.pmijepara.or.id

Kegiatan ini dibuka resmi oleh Asisten II Bupati Jepara, dalam sambutan pembukaan Jumbara beliau berpesan bahwa Palang Merah Remaja (PMR) adalah generasi penerus bangsa yang akan menggantikan estafet kepemimpinan dipemerintahan.

“PMR merupakan relawan masa depan dan salah satu generasi penerus bangsa yang berperan penting melanjutkan estafet kepemimpinan dipemerintahan”, Ujar Mulyaji.

Menurut Komandan KSR PMI Kabupaten Jepara, Setelah kegiatan jumbara PMI jepara akan mengembangkan kurikulum supaya bisa diterapkan di sekolah-sekolah secara aplikatif agar terciptanya relawan masa depan yang aktif, partisipatif dan berprestasi seperti tema jumbara tahun 2019 ini.

“Harapan dari kami, setelah ini akan terus mengembangkan kurikulum agar dapat diterapkan diseluruh sekolah di jepara agar tercipta relawan masa depan yang aktif, partisipatif dan berprestasi”, Terang Ahmad Angga Avianto.

Menurut Kelurahan Jumbara, gambaran kegiatan jumbara untuk wira dan madya dilaksanakan 4 hari dari tanggal 30 April S/d 3 Mei 2019. Sedangkan untuk mula dilaksanakan 3 hari mulai tanggal 1 s/d 3 mei 2019. Bentuk Kegiatan dibagi menjadi 3: (Jumpa, Bakti dan Gembira) Untuk kegiatan Jumpa meliputi:  1. Travelling (Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Tandu Darurat, Kesiapsiagaan Bencana, Donor Darah, Kepemimpinan, Kesehatan Remaja) 2. Keterampilan (Dapur Kita, LCT, Jurnalistik PMR, Paduan Suara, Kehumasan, Kreasi Budaya, Administrasi, Peduli Lingkungan, Peta BKRK, Karnaval).

Untuk kegiatan Bakti meliputi: Bersih, Penghijauan, Ketertiban, dan Menjaga Lingkungan. Sedangkan untuk kegiatan Gembira Meliputi : Upacara Pembukaan, Inagurasi, Anjang Sana, Upacara Penutupan, Sarasehan Kepalangmerahan, Outbound, Senam, Sarasehan Donor Darah, Homestay, Sarasehan Sekolah Siaga Bencana, Pengetahuan Jurnalistik, Sarasehan Video Grafis, Management PMR, Sosialisasi Atribut PMR, Sosialisasi Materi PK, Sarasehan Kewirausahaan, Sarasehan Kesehatan Lingkungan ODF.

Ucapan terimakasih panitia Jumbara ke-XIV Kepada Pemerintah Desa Guyangan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Jepara  (DISDIKPORA), Kementerian Agama Jepara, MKKS SMA, MKKS SMK, KSR PMI Jepara, KSR PMI Unit Unisnu, Forpis, Bpbd, Dinsos, Puskesmas Bangsri, Banser, Ubaloka dan Sponsorship: BPR Bank Jepara Artha, Percetakan Raden Joyo.  Kacung/nin

About The Author

Redaksi

Adalah Citizen Jurnalis Demak sering meliput kegiatan pemberdayaan di pedesaan. Ia ingin desa di kenal hingga manca negara agar berdaya bagi warganya. Ia juga pengelola situs www.kabarseputarmuria.com dan www.kabaredemak.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Laporgub Jateng

PENGUNJUNG STAR 1 FEB 2019

Flag Counter

YOUTUBE KABARSEPUTARMURIA



IKLAN GOOGLE