Pati – Waktu istirahat menjadi momen berharga bagi TNI dan masyarakat dalam menjalin kebersamaan di kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Mojoluhur setiap harinya. Selasa ( 05-03-2019 )

Dalam pelaksanaannya, TMMD tidak hanya menyelesaikan sasaran fisik akan tetapi melaksanakan kegiatan non fisik salah satunya dengan menjalin keakraban dan kekeluargaan dengan masyarakat di lokasi TMMD. Di samping itu pula sebagai sarana silaturahmi agar kemanunggalan TNI Rakyat semakin terjalin.

Kedekatan prajurit TNI dan masyarakat harus selalu di jalin agar keakraban dan kemanunggalan TNI Rakyat selalu terjaga. Seperti yang di lakukan oleh salah seorang anggota, Peltu Sunardi membagikan makanan ringan, minum bahkan menyulutkan api rokok kepada warga di waktu istirahat, makan bersama dan bercanda di lokasi kerja merupakan momen yang jarang terjadi. Di situlah terlihat keakraban dan rasa kekeluargaan di antara TNI dan masyarakat.

“Kami masyarakat Desa Mojoluhur, sangat menyambut baik adanya bapak TNI dalam rangka melaksanakan program TMMD. Sehingga sudah sepantasnya jika kami semua membantu TNI dalam menyelesaikan program ini hingga selesai nantinya,” ujar mbah Yasman.
Sesekali nampak terlihat canda dan tawa yang diperlihatkan anggota TNI bersama masyarakat dalam kegiatan tersebut yang mengubah suasana menjadi lebih indah dengan kebersamaan. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat memupuk kerjasama yang baik sehingga dapat memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat.

” Kebersamaan TNI di lokasi TMMD bersama warga merupakan simbol kemanunggal TNI dengan rakyat. Karena TNI tidak bisa dipisahkan dari rakyat karena inti kekuatan pertahanan NKRI terletak pada kemanunggalan TNI dan rakyat,” tegas Danramil 16/Jaken Kapten Inf Urip Widodo.
TMMD merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan membantu pemerintah dalam mendorong pembangunan di setiap daerah di seluruh Indonesia serta sebagai wujud nyata TNI dalam mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat. (16/nardi)