Jepara – Bertempat di Balai desa Teluk Wetan kecamatan Welahan kabupaten Jepara, Babinsa Desa Teluk Wetan Koramil 06/Welahan Serda Sukiman menghadiri Sosialisasi Peduli HIV/AIDS oleh Tim Medis dan Penyuluh dari DKK Kabupaten Jepara dan Puskesmas Welahan 1 yang di hadiri sekitar 60 orang, Selasa (16/10/2018).

Hadir dalam acara tersebut Eri Madyo Mulyono SKM MKes dan Nurrohmad dari DKK Kabupaten Jepara, Ka Puskesmas Welahan Suhadi SKM Mkes, Pjs Petinggi Desa Teluk Wetan H Mufrodi beserta perangkat desa, Babinsa Desa Teluk wetan Serda Sukiman, Para Bidan Desa Puskesmas Welahan 1, kader dan masyarakat desa Teluk Wetan.

Dalam sosialisasi tersebut, di jelaskan tentang Difinisi HIV/AIDS yang merupakan kumpulan gejala atau penyakit yang disebabkan oleh menurunnya kekebalan tubuh akibat infeksi oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang termasuk famili retroviridae. AIDS merupakan tahap akhir dari infeksi HIV.

HIV adalah suatu virus RNA dari famili Retrovirus dan subfamili Lentiviridae yang dapat menyebabkan AIDS. Virus tersebut membunuh suatu jenis penting dari sel darah yaitu limfosit T CD4+ atau sel T, yang merupakan lini kedua dari sistem kekebalan tubuh.

Dan di jelaskan tentang sejarah HIV/AIDS bahwa Kasus pertama AIDS di Indonesia dilaporkan secara resmi Departemen Kesehatan tahun 1987 yaitu pada seseorang warga negara Belanda di Bali. Sebenarnya sebelum itu telah ditemukan kasus pada bulan Desember 1985 yang secara klinis sangat sesuai dengan diagnosis AIDS dan hasil tes tiga kali diulang, menyatakan positif. Dan untuk dikabupaten Jepara sendiri di Tahun 2018 bulan September terdeteksi terjangkit HIV/AIDS sebanyak 980 orang, Peringkat ke-3 tingkat Propinsi Jawa tengah.