Jepara – Tradisi penjemputan jamaah haji yang beribadah ke Tanah suci kembali dilaksanakan fihak keluarga jamaah.  Hari Minggu pagi dan malam (16/9)  ratusan keluarga menjemput kedatangan jamaah haji di pendopo kabupaten Jepara. Selain keluarga fihak Kemenenag Jepara juga melakukan penyambutan khusus.

“ Ya ini harus kita lakukan agar kedatangan jamaah bisa tertib dan lancar . Barang barang mereja biar aman kita siapkan tenaga khusus untuk pengambilan koper di bagasi bis. Kalau diambil sendiri atau keluarga malah lama “, kata salah satu petugas  dari KanKemenag kabupaten Jepara.

Kedatangan jamaah haji Jepara 2018 diawali Kloter 64 sejumlah 172  jamaah yang masuk ke pendopo kabupataen Jepara sekitar pukul 09.00 dengan membawa jamaah haji sebanyal 172 jamaah haji yang tergabung dengan Jamaah haji asal Rembang.
Selanjutnya pada pukul  20.20 jamaah haji sejumlah 355 yang diangkut 9 armada bus memasuki pendopo kebupaten Jepara.Kolter 66 mendarat pukul 18.25  sampai di pendopo Senin dini hari (17/9). Adapun kloter 67 diperkirakan mendarat  jm 11.00 tiba di jepara 17.25. Sisa jamaah yang masih ada di Saudi 4 orang  di kloter 95.Seluruh jamaah haji Jepara  1.239 orang berkurang satu orang meninggal dunia dari kloter 66.

Setelah bis memasuki halaman pendopo petugas dengan kaos warna merah dengan sigap mengeluarkan  tas tenteng jamaah haji warna biru untuk dinaikkan ke atas pendopo kabupaten. Setelah semua tas terangkut barulah satu persatu jamaah haji turun dari bis untuk mengambil tas tenteng miliknya. Keluarga penjemput masing masing satu orang kemudian menjemput jamaah untuk selanjutnya keluar dari pendopo kabupaten.

KH. Abdullah Uzair, MPd salah satu petugas Haji dari Kloter 65 mengatakan pemberangkatan jamaah, pelaksanaan Ibadah di tanah suci , sampai pemulangan jamaah semua berjalan dengan lancar aman dan tertib. Fihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua fihak yang telah membantu pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji utamanya kloter 65.

“ Alhamdulillah semua lancar tidak ada halangan apapun , mudah-mudahan semua mendapatkan haji yang mabrur “, katanya singkat

Tradisi penjemputan jamaah haji yang datang dari tanah suci menjadi keramaian tersendiri di area pendopo kabupaten dan alon alon Jepara. Komplek Masjid , dan alon alon seperti pasar tiban karena banyaknya pedagang yang mremo dim omen ini. Selain penjual makanan banyak pula pedagang lain yeng meraup keuntungan dalam momen ini termasuk tukang parkir.

Sukahar warga desa Purwogondo kecamatan Kalinyamatan mengatakan , ia menjemput saudaranya yang datang beribadah dari tanah suci. Ia membawa rombongan dua mobil bersama saudara-saudara yang lainnya. Ia kebetulan yang mendapatkan tugas masuk ke dalam pendopo untuk menjemput langsung.

Suasana penjemputan jamaah haji kloter 65 berjalan tertib dan lancar , selain petugas pengangkut koper yang dikoordinir Kan kemenag Jepara . Juga disiagakan pengamanan jamaah dari unsure  Satpol PP , Petugas dari Polres Jepara. Kodim/Koramil , petugas kesehatan, dan juga Bankom Orari dan Rapi Jepara.(Muin)