Oleh : Lia Fitrianingsih dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara.

Generasi Muda adalah generasi penerus bangsa, yang menentukan akan masa depan Bangsa Indonesia. Generasi Muda adalah generasi harapan bangsa, yang diandalkan untuk mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia. Kata “Generasi Muda” sangat tidak asing di telinga kita. Bahkan selalu dibangga-banggakan dan ditunggu-tunggu akan kehadirannya. Tetapi apakah generasi muda zaman sekarang bisa diandalkan dan dapat mewujudkan cita-cita bangsa?.

Generasi muda zaman sekarang faktanya sangat memprihatinkan bagi masa depan bangsa. Perilaku yang tidak sesuai Norma-Norma, tidak sesuai dengan UUD 45, tidak sesuai dengan PANCASILA. Apakah anak muda seperti itu yang akan menjadi penerus bangsa Indonesia. Memang, masih banyak anak muda yang menjadi kebanggaan bangsa, tetapi itu tidak terlalu banyak dibandingkan anak-anak muda yang bisa dikatakan sangat mengkhawatirkan perilakunya.

Jika perilaku anak kecil zaman sekarang seperti orang dewasa, dan tidak mementingkan sekolah, lalu bagaimana kabarnya ketika mereka tumbuh dewasa. Jika anak muda zaman sekarang lebih mementingkan nafsu dari pada pendidikan dan cita-cita, lalu apa kabar penerus bangsa yang katanya akan mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

Indonesia membutuhkan pemuda kreatif, inovatif , cerdas, loyal, mempunyai jiwa sosial yang tinggi, menaati norma yang berlaku, dan bertanggungjawab. Bukan hanya banyak bicara, omong kosong, dan banyak tingkah. Zaman semakin maju, tantangan semakin sulit, apakah pantas jika kita sebagai generasi muda masih berleha-leha, padahal di depan mata ada harapan yang menunggu kita. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi.