Demak  –  Seribu satu cara untuk memenuhi kebutuhan hidup dirinya dan keluarga. Ada beragam pekerjaan yang bisa ditekuni untuk tetap bertahan hidup. Seperti halnya pak Khasis Abadi warga desa Pulo Darat kecamatan  Pecangaan ini. Profesinya kini adalah menjadikan pandangan mata kita menjadi cerah atau terang benderang.

Sudah banyak orang yang  di buat senang karena dia. Awalnya pandangan mata tidak jelas , untuk membaca sulit setelah ia tangani semuanya selesai. Pandangan mata jadi terang dan membacapun lancar. Saat ini pak Khasis berprofesi sebagai sales kacamata. Ia keliling kampung mencari pelanggan untuk dibuatkan kaca mata agar pandangan dunia menjadi cerah dan terang benderang.

“ Orang menganggap kaca mata tidak penting , padahal mata adalah jendela dunia kita bisa melihat keindahan dunia lewat mata. Namun demikian orang jarang merawat atau memelihara matanya. Padahal setiap tahun oring pasti beli baju baru . Namun ketika orang harus pakai kaca nata kenapa jadi eman-eman “, kata pak Khasis Abadi pada kabarseputarmuria.com

Khasis mengatakan , sebenarnya untuk merawat mata tidaklah mahal , sekali buat kacamata untuk bertahun-tahun. Oleh karena itu ia sering keliling kampung untuk memberikan pengertian kepada warga masyarakat. Terutama yang tua-tua pasti kesulitan untuk melihat sesuatu yang dekat dan kecil . Iapun menawarkan beragam kaca mata plus untuk mereka . Ada yang bagus harganya mahal namun ada yang ekonomis harganya murah.

“ Untuk harga kaca mata seperti ini relative bisa mahal dan juga bisa murah tergantung kondisi barang baik lensa maupun frame , ada yang cuma Rp 100 ribu  lensa sam frame , namun juga ada yang mencapai jutaan rupiah seperti ini “, kata Khasis menunjukkan satu kaca mata pesanan pelangannya yang harganya cukup mahal.

Dalam melayani pelanggannya Khasis memberikan bonus tes mata kepada siapapun . Jika ia dating siapapun bisa tes mata padanya . dari tes mata itu nanti ketemu normal atau tidak . Perlu kacamata atau tidak. Soal beli kaca mata atau tidak ia tidak masalah. Membeli itu jika mempunyai uang , jika belum punya kapan-kapan bisa mengundang dirinya lagi.

khasis-2

pak Khasis tes mata anak sekolah

“ Saat ini anak-anak banyak yang tidak normal kondisi matanya , penyebabnya adalah menonton televisi dan juga HP sehingga jika dites kebanyakan mereka itu banyak yang min setengah atau kadang lebih “, tutur Khasis.

Dalam melayani pelanggannya pak Khasis mengatakan, pembelian kacamata bisa langsung kontan atau cara angsuran. Jika angsuran misalnya harga kacamata Rp 300 ribu , biasanya pelanggan membayar separuhnya dulu sedangkan  sisanya dilunasi dalam jangka waktu satu atau dua bulan. Meski satu dua pelanggannya ada yang ngemplang tidak membayar . Tetapi cara angsuran ini masih terus ia lakukan.

“  Ya gimana lagi ya yang namanya orang , jika untuk membeli baju atau yang lain tidak eman-eman namun ketika giliran beli kaca mata mereka enggan mengeluarkan uang.Padahal kaca mata ini juga dalam rangka menjaga kesehatan mata “, tambah Khasis.

Dulu sebelum terjun sebagai sales kaca mata Khasis pernah sebagai sales jamu di Semarang. Namun karena target yang cukup berat maka pekerjaan itupun ia tinggalkan. Ia pulang kampung dan memulai usaha baru dengan berjualan kaca mata . Pekerjaan berjualan kaca mata ini sudah ia tekuni lebih 10 tahun . Pelanggannya ratusan orang dan setiap waktu bertambah.

“ Ya yang namanya pekerjaan tentu banyak suka daripada dukanya mas , diantaranya sukanya banyak kenalan dimana-mana . Kalau dukanya ya ketemu pelanggan jika ditagih marah-marah “, kata pak Khasis sambil memberikan nomor HPnya  085327179172 (OPTIK MULIA PULO DARAT). (Muin)