Ngasem-Batealit-Jepara, 11/9/2016. Sedekah Bumi merupakan sebuah adat istiadat yang harus tetap kita jaga dan lestarikan. Biasanya sedekah bumi dilaksanakan pada bulan apit dari kalender Jawa. Masyarakat Jawa sebagian besar melaksanakan tradisi ini terutama di daerah pantura salah satunya adalah desa Ngasem kecamatan Batealit kabupaten Jepara.

Desa ini melaksanakan tradisi Sedekah Bumi pada hari Ahad tanggal sembilan dalam kalender Jawa. Tradisi ini masih dijalankan sampai sekarang secara turun temurun. Untuk menyemarakkan kegiatan ini Pemdes melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya doa bersama, Tayub, Pentas Seni Ketoprak semalam suntuk, Pengajian, dll.

ngasem

“Tradisi ini kita laksanakan setiap tahunnya, tetapi untuk tahun ini kita laksanakan pada bulan besar (dzulhijah.red) karena menyesuaikan dengan hari yang tepat” ungkap bapak Sudirin selaku wakil dari Kepala Desa yang sedang menjalankan ibadah haji.

Selain itu, kegiatan ini merupakan perwujudan dari rasa syukur masyarakat terhadap apa yang telah diberikan Allah kepada kita semua. Mulai dari hasil bumi, peternakan dan lainnya. Kami Harap dengan adanya tradisi Sedekah Bumi ini, Desa Ngasem dijadikan desa yang gemah ripah loh jinawi, pungkasnya. (bbq)