Demak- Desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak tahun 2015 ini mendapatkan beberapa pos bantuan untuk kesejahteraan warganya. Selain dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah , Pemerintah kabupaten juga ada bantuan dari pemerintah pusat. Nilainya jika dihitung mencapai milyaran rupiah.

“ Saya tidak bisa menghitung secara rinci berapa nilai bantuan itu .Tetapi jika dihitung nilainya bisa mencapai satu Milyar lebih. Ada bentuk bangunan fisik terminal Garam , pengucuran Air bersih , media isolator untuk pegaram dan juga jembatan pertanian “, ujar Hamdan Pj Kepala desa Kedungmutih pada kabarseputarmuria.com

Hamdan yang dikenal sebagai Sesepuhnya Kepala Desa di Wedung mengatakan , turunnya berbagai bantuan itu berawal adanya kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tahun 2013 di desanya. Ketika itu Gubernur membawa bantuan berupa puluhan tangki air bersih untuk warganya .

Disela-sela penyerahan bantuan itu Ganjar menerima keluhan dari warganya atas sulitnya air bersih di desa pesisir itu. Dua tahun pipa PDAM Demak telah dipasang ,namun air bersih tak kunjung mengucur. Wargapun mengadukan hal itu pada Ganjar Pranowo . Secara spontan Ganjarpun menerika keluhan itu dan akan menindaklanjuti secara cepat tahun depan air PDAM pasti mengucur.

“ Alhamdulillah satu tahun kemudian janji dari pak Gubernur itu terpenuhi Juli 2015 sampai Agustus ini warga kami sejumlah 404 KK telah ,merasakan air bersih dari PDAM Demak . Mereka itu dari  MBR ( Masyarakat Berpenghasilan Rendah ) sisanya nanti masuk kategori regular “, tambah Hamdan.

1aaaaa

Hamdan Kades Kedungmutih Demak

Dalam waktu yang sama Ganjar juga meninjau kondisi pegaram yang ada di desa Kedungmutih. Dalam wawancara dengan beberapa pegaram  Ganjar mendengar keluh kesah mereka. Diantaranya permintaan pegaram adalah adanya bantuan media isolator agar kualitas garam lebih meningkat. Media isolator adalah sejenis Plastik hitam tebal yang dipasang pada meja kristalisasi.

“ Keluhan petani inipun di respon oleh bapak Gubernur , puluhan pegaram dari desa Kedungmutih dan juga desa lainnya mendapatkan bantuan media Isolator dari pemerintah yang telah diterima pada bulan Juli sampai dengan September . Bantuan itu berasal dari pemerintah pusat sampai dengan kabupaten”, jelas Hamdan.

Ucapan terima kasih Hamdan yang mewakili pemerintah desa Kedungmutih juga ditujukan pada Bupati Demak Dachirin Said yang juga memberikan beberapa bantuan pada desanya. Diantaranya adalah jembatan pertanian untuk menuju ke tambak garam , suplai air bersih untuk warganya yang belum tersentuh pipa PDAM dan juga bantuan media Isolator untuk pegaram dari dana APBD II.

Dengan adanya bantuan diatas kondisi warga desa Kedungmutih diharapkan semakin sejahtera hidupnya. Kualitas garam yang dahulunya rendah kini setingkat lebih bagus . Sehingga harganya akan terangkat.Begitu juga tersedianya air bersih akan menambah tingakt kebersihan dan kesehatan warga. Dan masih banyak lagi hal-hal yang positif atas turunnya berbagai bantuan diatas. (Muin)