Demak – Panen raya garam di kabupaten Demak sudah menginjak bulan ke tiga. Namun harga garam belum ada penurunan yang signifikan. Selain diakibatkan daya beli yang tinggi , petambak garam mulai menyimpan garamnya di dalam gudang. Tahun kemarin stok garam habis diakibatkan oleh banjir besar yang melanda kawasan tambak.

Harga garam umum yang bertahan di kisaran Rp 25 – 30 ribu perkwintal  dilahan. Sedangkan garam kualitas baik terpaut Rp 10 ribu – Rp 15 ribu setiap kwintalnya. Garam kualitas bagus biasanya diprioduksi petani dengan menggunakan media isolator atau geomembran.

Meski di panas yang terik mereka memanen garam dengan penuh kegembiraan. Garam garam yang dihasilkan sebagian ada yang dijual pada pengepul. Namun kebanyakan di masukkan dalam gudang penimbunan,

“ Alhamdulillah hasil tahun ini lumayan banyak. Pada awal-awal kita jual namun akhir-akhir ini saya simpan dalam gudang. Ya untuk simpanan nanti musim hujan tiba kita jual “,kata Haji Salman petambak garam dari desa Kedungmutih pada kabarseputarmuria.

Ditemui di lahan tambaknya Haji Salman mengatakan , hasil garam tahun ini lebih meningkat dibanding tahun kemarin. Harga garam juga cenderung stabil sehingga petani giat menggarap lahan garamnya. Apalagi setelah ada penemuan teknologi media Isolator ini . Kualitas garam juga lebih bagus sehingga harganya lebih tinggi dibandingkan tahun yang lalu.

“ Harga garam dengan memakai media isolator perkilonya terpaut Rp 100 -150 . Selain harganya yang lebih bagus hasilnya juga berlipat. Ada penambahan 25 – 30 persen “,kata haji Salman.

Oleh karena itu dalam menimbun garam haji Salman memilah milah garam . Kualitas umum ia sendirikan, sedangkan yang kualitas bagus ia pisahkan. Selain itu dalam pembuatan gudang kondisi tanah juga harus ditinggikan. Tahun kemarin banjir besar meluluhlantakkan garam dalam gudang.

“ Hampir separoh lebih gudang garam di kawasan ini terendam air banjir. Semua garam tidak terselamatkan. Kerugian  mencapai ratusan juta rupiah”, tambah haji Salman. (Muin)

Haji aman dan lancar bersama KBIH ” Al-Firdaus” Jepara Hubungi 085 290 375 959

TOKO BUKU DAN KITAB ONLINE

BUKU PRIMBON LENGKAP

TOKO BUKU DAN KITAB SUPER LENGKAP

ALAT TAMBAL BAN ELECTRIC

ALAT TAMBAL BAN BAKAR SUPER CEPAT

MENCUCI TANPA SABUN  SUPER HEMAT 

MAINAN MURAH SERBA 1000 RUPIAH