Jepara- Salah satu pantai di Jepara yang terdampak oleh abrasi setidaknya 10 -20  meter areal tambak tergerus oleh ombak. Garis pantai yang dulunya di tengah laut kini makin mendekat ke jalan pantura Semat – Kedungmalang. Jika tidak ditangani dengan serius jalan raya itu nantinya juga menjadi laut .

“ Dulu desa Bulak Baru terletak di tengah laut sana. Namun karena abrasi yang tidak bisa di cegah desa kami hilang dan direlokasi di sebelah sana “. kata Sutiyono mantan petinggi desa Bulak Baru pada kabarseputarmuria.

Sutiyono mengatakan melihat kondisi itu , ketika dia masih menjabat petinggi fihaknya mengajukan proposal pada pemerintah agar pantai desa Bulak Baru dibuatkan bangunan untuk menahan abrasi. Pengajuan itu tahun 2014 terealisasi dengan pembuatan sabuk pantai berupa bis beton yang di tata lurus dan melintang . Diharapkan dengan bangunan itu laju dari abrasi dapat dihambat .

“ Saya yang dulu menandatangani proposal itu ketika itu saya masih petinggi . Dan realisasinya pada tahun 2014 ini. Mudah-mudahan dengan adanya bangunan sabuk pantai itu abrasi pantai Bulak Baru dapat teratasi “, kata Sutiyono.

Sementara itu hasil pantauan kabarseputarmuria di lapangan , kondisi proyek pengerjaan sabuk pantai itu sudah tujuh puluh persen jadi. Bangunan berupa pasangan batu belah di bungkus besi memanjang dari utara ke selatan sepanjang dua ratus meteran . Belakang tumpukan batu belah itu dipasang bis-bis beton yang digabung seperti pagar. Selain itu juga ada pasangan bis beton memanjang yang menjorok ke pantai.

“ Pengerjaan ini jika dilihat sudah hampir selesai , tinggal membenahi beberapa bagian saja. Ini sih kelihatannya sudah kuat namun ketika dihembas ombak musim penghujan nanti bagaimana kita tidak tahu. Kita hanya membuat menurut bestek saja”, kata penjaga proyek .

Sayangnya ketika ditanya berapa nilai proyek bangunan itu. Penjaga yang tidak mau disebutkan namanya itu mengatakan kurang tahu. Sedangkan di bagian proyek yang digarap itu tidak ada papan proyek yang dijadikan acuan. Sehingga masyarakat tidak mengetahui berapa nilai proyek yang dibiayai oleh uang rakyat itu. (Muin)

Haji aman dan lancar bersama KBIH ” Al-Firdaus” Jepara Hubungi 085 290 375 959

PERALATAN UPACARA BENDERA

TOKO BUKU DAN KITAB ONLINE

BUKU PRIMBON LENGKAP

TOKO BUKU DAN KITAB SUPER LENGKAP

ALAT TAMBAL BAN ELECTRIC

ALAT TAMBAL BAN BAKAR SUPER CEPAT

MENCUCI TANPA SABUN  SUPER HEMAT 

MAINAN MURAH SERBA 1000 RUPIAH