Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Margorejo, Heru Pijiantoro melantik petugas pantarlih.

Pati  – Tahapan  pemilihan pada  Pilkada 2024, komponen atau perangkat penyelenggara pemilihan, salah satunya Pantarlih harus dibentuk. Di Aula Kampus STAI Pati berlangsung pelantikan dan diambil sumpah / janji. Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kecamatan Margorejo, Senin (24/06/24).

Diikuti sebanyak 188 petugas Pantarlih dari 18 desa di wilayah kecamatan itu, mereka dilantik dan diambil sumpah/ janji oleh Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Margorejo, Heru Pujiantoro, disaksikan Forkopimcam setempat.

Camat Margorejo, Aglis Mulyana, dalam sambutan mengucapkan selamat kepada petugas Pantarlih yang telah dilantik, hari ini.

“Selamat atas pelantikan ini, semoga dapat bertugas sebaik- baiknya”, ucap Aglis Mulyana.

Menurutnya, Pantarlih akan bekerja selama 1 bulan, dimulai sejak dilantik hingga 25 Juli mendatang.

“Pantarlih tidak bekerja dibalik meja, tetapi harus ke lapangan door to door. Berkoordinasi dengan Rt, Rw, Kades dan perangkatnya. Pantarlih merupakan ujung tombak sukses tidaknya penyelenggaraan pemilihan”, lanjutnya.

Sementara itu, Ketua PPK Margorejo, Heru Pujiantoro juga mengucapkan selamat kepada petugas Pantarlih yang telah dilantik.Tahapan pemilihan pemilihan pada Pilkada 2024 telah berlangsung hingga hari ini. Demi penyelenggaraan pemilihan yang berjalan baik sebagaimana harapan kita, maka komponen atau perangkat penyelenggara pemilihan, salah satunya Pantarlih, dibentuk”, kata Heru Pujiantoro.

Pantarlih, lanjut Heru, mempunyai tugas penting dalam fungsinya melakukan pemutakhiran data pemilih, dengan tujuan menyajikan data jumlah pemilih yang berhak melakukan pencoblosan pada pemilihan.

“Untuk itu, petugas Pantarlih agar segera menyesuaikan diri dengan tugas- tugas dan kewajiban. Pahami aturan atau regulasi yang berkaitan dengan tugas dan fungsi, serta selalu berkoordinasi dengan semua pihak untuk mewujudkan tahapan pemilihan yang baik dan benar”, lanjutnya.

Dia juga meminta, petugas Pantarlih melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

Usai pelantikan dan pengambilan sumpah/ janji, petugas Pantarlih mengucapkan janji dan komitmen yang dituangkan dalam Pakta Integritas. ( Agus )