Pati  –  Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pati yang akan diselenggarakan November 2024 mendatang, mesin partai politik mulai bergemuruh. Telah muncul sosok tokoh mendaftar di Partai Kebangkitan Bangsa yang bakal menjadi calon bupati dan calon wakil bupati di Pati

Empat nama bakal calon yang disodorkan oleh Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Pati ke DPP Partai Kebangkitan Bangsa, muncul satu nama yang mendapat respon pada Tahap 1 adalah Sudewo ST MMT. Mengutip Surat Keputusan Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa No 29984/DPP/01/VI/ 2024 memutuskan Tentang PENETAPAN TAHAP I SUDEWA, ST., MT. SEBAGAI BAKAL CALON KEPALA DAERAH KABUPATEN PATI PERIODE 2024-2029 DARI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA

Diterbitkannya surat keputusan tersebut mengacu salah satu fungsi didirikannya Partai Kebangkitan Bangsa adalah sebagai sarana artikulasi dan agregasi kepentingan- kepentingan rakyat dalam lembaga-lembaga dan proses-proses politik dan sebagai sarana mempersiapkan memunculkan dan melahirkan kader dan pemimpin politik, bangsa dan negara. Selain pada tingkat nasional, Partai Kebangkitan Bangsa juga mempunyai tanggung jawab untuk menciptakan kader-kader pemimpin daerah yang berintegritas dan berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur.

Selanjutnya sesuai ketentuan yang diatur dalam Peraturan Partai Nomor 10 Tahun 2024 proses Pikada Partai Kebangkitan Bangsa melalui tahapan persiapan, penjaringan, penetapan pendaftaran dan pemenangan Cakada di Kabupaten Pati.

Setelah memperhatikan hasil penjaringan dan hasil kelayakan dan kepatutan yang dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2024, Partai Kebangkitan Bangsa memandang Sudewa, ST. MT mempunyai kapasitas sebagai bakal calon Kepala Daerah Kabupaten Pati Periode 2024-2029 dari Partai Kebangkitan Bangsa dan berhak mendapatkan Penetapan Tahap I ( Heru-Agus )