Karanganyar – Salah satu obyek wisata di kabupaten Karanganyar adalah Air Terjun Jumog yang terletak di Taman Batu Tiban, Jalan Jumog, Gandu desa Berjo kecamatan Ngargoyoso . Jaraknya sekitar 23 km dari Alun-Alun Karanganyar dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 40-50 menit berkendara.

Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti bus untuk dapat sampai ke lokasi.Sesampainya di tempat parkir pengunjung bisa jalan kaki atau naik ojek Rp 5.000 sekali jalan.

Memiliki suasana yang sangat sejuk, dapat menjadi tempat refreshing dengan keluarga maupun teman. Biasanya wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun sekaligus keindahan bukit dan pepohonan yang ada di sekelilingnya.

“Ini baru pertama kali kesini menghabiskan liburan. Sama keluarga, sejuk indah, baguslah,” ungkap salah satu wisatawan, Ahmad Munif dari Jepara , Kamis (22/2/2024).

Aliran air di Air Terjun Jumog tak pernah surut pada waktu apa pun, termasuk ketika musim kemarau. Aliran airnya mengalir menjadi tiga cabang, yaitu ke kawasan Klueng, Kusumajati, dan Jubleg.

Seperti halnya wisata alam air terjun lainnya, pengunjung dapat menikmati pemandangan air terjun yang cukup deras sambil bermain air maupun duduk bersantai di sekitarnya. Selain itu, suasana di kawasan kaki gunung ini juga sejuk sehingga cocok untuk healing maupun rekreasi bersama keluarga dan teman.

Namun tak hanya itu, sebab pengunjung juga bisa menyantap makanan dari tempat makan yang menawarkan aneka hidangan dan dinikmati di pinggir air terjun. Misalnya sate dan lontong, gorengan, hingga teh dan kopi.

Suasana juga semakin seru karena ada area bermain dan panggung musik yang menampilkan live music, khususnya musik-musik tradisional. Yang tak ketinggalan, Air Terjun Jumog memiliki jembatan di depan air terjun yang menjadi spot foto kesukaan para pengunjung. Maka dari itu, jangan lupa untuk berswafoto di jembatan ini.

Namun perlu diketahui seperti halnya tempat wisata pada umumnya, Air Terjun Jumog juga biasanya sangat ramai pada Sabtu dan Minggu atau akhir pekan.

Maka dari itu jika memiliki waktu kosong pada hari kerja alias weekday sebaiknya berkunjunglah pada waktu tersebut agar tidak terlalu ramai dan berdesak-desakan.
Berbagai aktivitas ini dapat dilakukan karena Air Terjun Jumog merupakan tempat wisata yang dikelola oleh BUMDes sehingga memiliki banyak fasilitas.
.
Fasilitas Air Terjun Jumog
Berikut sejumlah fasilitas yang ada di sekitar kawasan Air Terjun Jumog.

Tempat makan.
Gazebo.
Area bermain.
Panggung musik.
Kolam renang.
Musala.
Toilet.
Tempat parkir.
Toko oleh-oleh dan cendera mata.

 

Jam Operasional Air Terjun Jumog
Wisata alam Air Terjun Jumog buka setiap hari dari Senin-Minggu dengan jam operasional yang berbeda untuk hari kerja (weekday) dan hari libur (weekend) sebagai berikut.

Senin-Jumat: 08.00-16.00 WIB
Sabtu-Minggu: 08.00-17.30 WIB

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jumog
Harga tiket masuk Air Terjun Jumog sebesar Rp20 ribu per orang. Harga tiket masuk ini berlaku untuk pengunjung yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA) Rp 50.000

Tiket masuk dapat dibeli secara langsung di pintu masuk tempat wisata Air Terjun Jumog.
Itulah informasi mengenai Air Terjun Jumog. Semoga bermanfaat dan selamat liburan!

(Pak Muin)