Pati –  Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, menyerahkan piagam penghargaan Adiwiyata pada sejumlah sekolah di Pendopo Kabupaten Pati Kamis (18/1/2024)

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang sekaligus Plt Kepala Disdik, Tulus Budiharjo, Kepala Kementerian Agama, dan para Kepala Sekolah penerima penghargaan.

Adiwiyata merupakan penghargaan yang diberikan pada sekolah-sekolah yang berhasil meningkatkan kualitas lingkungan hidup.
Henggar Budi Anggoro, menyebut Adiwiyata merupakan sebuah penghargaan yang memang layak diberikan kepada kepala sekolah atas langkah konkrit dan komitmennya dalam mewujudkan warga sekolah yang peduli dan bertanggung jawab.

“Adiwiyata ini tentunya sangat luar biasa dan sangat layak diberikan kepada Bapak Ibu dalam mewujudkan warga sekolah yang peduli dan bertanggungjawab. Jika kita bandingkan dengan kabupaten lain, Pati ada peningkatan yang sangat bagus”, ujarnya.

Pada Penghargaan Sekolah Adiwiyata tahun 2023, terdapat dua Sekolah Adiwiyata Mandiri, 8 Sekolah Adiwiyata Nasional, 9 Sekolah Adiwiyata Provinsi, dan 22 Sekolah Adiwiyata Kabupaten.

“Sekolah-sekolah yang mendapat penghargaan ini bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya. Terutama dua sekolah yang mendapat Penghargaan Adiwiyata Mandiri, saya rasa bisa dijadikan contoh untuk yang lain agar bisa lebih meningkat dan saling mengejar untuk berada di kategori tersebut”,harap Henggar .

Sementara Kepala SMP Negeri 1 Winong Mukhamad Santosa, bersyukur memperoleh penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Kabupaten Pati terbaik 3 Tahun 2023. Jerih payah kekompakan semua warga sekolah, 60 orang guru dan karyawan, siswa 871 anak, Komite sekolah, warga masyarakat serta pemerhati pendidikan berhasil mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata kabupaten terbaik 3.

“Alhamdulillah, sangat bersyukur SMP Negeri 1 Winong memperoleh penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata. Ini merupakan rahmat Allah dan hasil usaha keras seluruh warga sekolah. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih kepada tim penggerak dan para pejuang sekolah yang telah bekerja secara cerdas, keras, dan ikhlas,” tuturnya.

Mukhamad Santosa juga menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati Pati, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati atas apresiasi dan motivasi yang diberikan kepada SMP Negeri 1 Winong “Semoga motivasi ini bisa menjadikan warga SMP Negeri 1 Winong tetap menjaga lingkungan, sehingga menjadi sekolah ramah anak dan ramah lingkungan,” pungkasnya ( Aguspras/Hms )