Jepara – Gelaran Karnaval Budaya 2023 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Jepara dan bertajuk ‘Jepara Spectacular Carnival’, yang berlangsung pada Sabtu, 19 Agustus 2023 siang benar benar spektakuler .

Meskipun cuaca panas di Jepara saat ini terbilang cukup terik namun ribuan penonton setia berjajar rapi dipinggir jalan yang dilewati Meski terlihat ada satu peserta dari marching band yang pingsan karena cuaca panas. Namun semua peserta tetap tampil habis-habisan dalam menampilkan sejumlah budaya, mulai dari tarian-tarian, hingga musik tradisional.

Yang cukup menarik dan berkesan salah satu peserta ada yang menampilkan tiga tokoh perempuan yang merupakan pejuang asal Jepara, ketiganya yakni Ratu Shima, RA Kartini, dan Ratu Kalinyamat. Tiga tokoh pejuang ini simbul dan spirit untuk semua wanita yang tergambar di salah satu Tugu di Jepara.

Tak hanya dari sisi peserta, kemeriahan juga nampak dari antusias masyarakat Jepara yang cukup tinggi dengan menonton Karnaval Budaya tersebut, hingga rela berdesakan dan berpanas-panasan.Mereka menunjukkan semangatnya dengan mengambil foto dan video pada peserta dan banyak pula yang selfie untuk di unggah di medsos.

Hal tersebut tentu tak mengherankan, Sebab tahun ini merupakan kali pertama karnaval budaya Jepara kembali dihelat, setelah dua tahun vakum karena Pandemi Covid-19.Sehingga karnaval tahun ini paling meriah dari segi penonton dan juga pesertanya .Setidaknya ada 45 desa yang ikut berpartisipasi dengan membawa ciri khas masing masing.

Para peserta mengikuti karnaval budaya ini dengan berjalan mengikuti rute yang telah disediakan oleh panitia. Rute dimulai dari Alun-alun 1 Jepara, yang sekaligus sebagai tempat berkumpul para peserta, dan berakhir di Alun-alun 2 Jepara.

Nur S warga desa Surodadi kecamatan Panggung mengaku senang dan bangga melihat gelaran karnaval Jepara 2023. Meski harus berpanas panasan dan berdesak desakan agar bisa melihat dari dekat.Namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat melihat semua atraksi yang ditampilkan peserta.

” Pokoknya top deh tak ada ruginya jauh jauh kemari .Bisa foto foto dan melihat aneka pemandangan yang bagus bagus “, kata Nur yang suka jalan jalan. ( Muin )