Jepara – Semua usaha jika ditekuni dengan serius pasti beroleh hasil atau manfaat. Seperti halnya Mas Budi warga desa Sowan Kidul kecamatan Kedung ini 5 tahun kembangkan usaha pembibitan tanaman Anggur import. Kini beroleh hasil atau manfaat bagi keluarganya.

Setiap hari kini ada pesanan bibit Anggur secara online dan ada juga yang datang ke rumahnya secara langsung. Dari berjualan bibit Anggur itulah kini ia tidak lagi merantau ke luar kota. Sehingga waktunya kini focus untuk mengembangkan usaha barunya ini.

“ Dulu saya merantau sebagai pekerja atau kuli kemana mana bahkan pernah ke luar Jawa. Namun adanya usaha tanaman Anggur ini saya tak merantau lagi. Setiap hari ada orderan kirim bibit anggur . Selain itu banyak pula tamu tamu yang datang melihat dan mau belajar tanam Anggur ini “, kata Mas Budi pada kabarseputarmuria Minggu 9/7/2023.

Mas Budi mengatakan , usaha tanaman Anggur yang kini dikembangkan di rumahnya ini. Berawal tahun 2018 yang lalu. Tidak sengaja ayahnya membeli bibit tanaman Anggur yang kemuddian dirawat. Tiga bulan kemudian mulai berbuah namun sayang buahnya terasa masam tidak enak.

Padahal tumbuhnya bagus dan  besar banyak buahnya. Melihat kondisi itu iapun mencoba membuka youtube mencari tahu. Dari brosing brosing itulah ia tahu system penyambungan batang Anggur ini. Iapun mencoba membeli bibit Anggur import dan mencoba menyambungkannya.

Hasilnya cukup bagus dan ketika berbuah buahnya rasanya manis menyegarkan. Dari percobaan yang berhasil itulah ia kemudian mencoba lagi untuk menyambungkan batang batang lainnya. Hasilnyapun bagus dan berbuah seperti yang diharapkan. Iapun terus menambah jumlah tanaman Anggurnya.

“ Setelah hasil terlihat sayapun mencoba untuk membuat bibit tanaman Anggur ini. Ada beberapa pembeli yang cerita tanaman Anggurnya tumbuh baik dan berbuah bagus pula. Nah akhirnya bibit tanaman itu saya pasarkan via online sampai sekarang”, tambah Mas Budi.

Dengan pemasaran secara on line ini setiap hari ia mendapatkanj pesanan. Tidak hanya dari local Jepara saja namun banyak pemesan dari lain kota bahkan ada yang dari luar Jawa. Bibit tanaman Anggur ini di kemas rapi dalam dos dos . Selanjutnya dikirim via ekspedisi dengan cara bayar langsung atau COD.

“ Alhamdulillah hari ini kirim 8 pesanan ada yang satuan ada juga yang lebih dari satu. Bibit Anggur ini saat ini masih banyak peminatnya. Selain mudah cara tanamnya buahnya juga mahal harganya “, kata Dewi istri Mas Budi yang membantu mengelola usaha bertanam Anggur ini.

Selain menyediakan bibit Mas Budi juga menerima konsultasi seputar pengelolaan tanaman Anggur jenis import ini. Setiap hari rumahnya terbuka lebar untuk siapa saja yang ingin belajar bertanam Anggur ini. Selain di halaman dan juga samping rumahnya. Ia juga memanfaatkan lantai atas rumahnya untuk tanam Anggur.

“ Sebenarnya tidak sulit mengelola tanaman Anggur ini yang penting butuh ketlatenan dan kesabaran. Selain disiram secara rutin tanaman Anggur ini juga butuh pupuk seperti tanaman yang lainnya . Monggo di coba buahnya Anggurnya agar bisa merasakan bagaimana rasanya”, kata Mas Budi mempersilahkan.

Nah bagi anda pembaca atau siapa saja yang mau belajar seputar bertanam Anggur atau tertarik membeli bibit .  Bisa menghubungi mas Budi di Desa Sowan Kidul kecamatan Kedung kabupaten Jepara via HP 081215415551. Untuk lokasi kebun bisa map dengan menulis Wah Ono Budi Grape.   ( Muin)