Proses penyembelihan hewan qurban di Masjid Jami’ Baitul Ma’mur Kedungmutih

Demak – Pengurus Masjid Jami’ Baitul Ma’mur desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupataen Demak dalam hari raya Idul Fitri tahun 1444 H melaksanakan kegiatan qurban. Kegiatan penyaluran hewan qurban ini menjadi salah satu program atau kegiatan pengurus.

Roisul Huda Ketua Pengurus Masjid Jami Baitul Ma’mur desa Kedungmtuih pada kabarseputarmuria mengatakan , hari raya idul adha 1444 Hijriyah tahun ini pengurus mendapatkan titipan hewan qurban sebanyak 9 ekor terdiri 6 Sapi , 1 kerbau dan 2 Kambing.

Hewan hewan qurban tersebut usai shalat idul adha langsung disembelih. Sekitar 40 orang terlibat dalam kegiatan penyembelihan sampai dengan penyaluran daging kurban . Daging kurban hasil penyembelihan hari itu langsung dibagikan ke 1.000 an rumah yang da di desa Kedungmutih.

“ Kita salurkan secara merata ke semua rumah yang ada di desa Kedungmutih tanpa terlewatkan satu rumahpun. Pengurus mendatangi semua ketua RT meminta data kemudian meberikan sejumlah kupon sesuai dengan jumlah rumah. Setelah itu pengambilan dilakukan secara sendiri sendiri ataun rombongan “, kata Roisul Huda.

Penyaluran hewan qurban di Masjid Jami’ Baitul Makmur ini sudah dilaksanakan sepuluh tahunan tahunan . Dulunya warga melaksanakan qurban sendiri sendiri di rumah. Selanjutnya pengurus mengkoordinir hewan qurban dari warga. Sekain itu pengurus juga mengadakan qurban secara berombongan dengan acara menabung atau arisan.

“ Alhamdulillah setiap tahunnya kegiatan ini berjalan dengan lancar tanpa kendala. Warga menitipkan hewan qurban kepada pengurus Masjid . Selanjutnya pengurus masjid menyalurkan hewan qurban kepada seluruh warga  secara merata “, imbuh Roisul Huda.

Di tempat yang sama Roisul Huda mengucapkan terima kasih kepada semua warga yang telah menitipkan hewan qurban kepada pengurus Masjid. Ia berharap tahun depan jumlah hewan qurban bisa meningkat lagi. Agar warga bisa merasakan daging qurban setiap tahunnya.

“ Meskipun hanya setengah kilogram saja perolehannya , namun bagi warga yang kurang mampu hal itu menjadi hal yang berharga baginya. Selain itu momen qurban ini bisa dijadikan sebagai momen untuk saling berbagi dan saling membantu antar warga “, kata Roisul Huda lagi. ( Muin )