Jepara – MAN ( Madrasah Aliyah Negeri ) 1 Jepara pada tahun pelajaran 2022/2023 melepas 406 siswa kelas XII. Acara yang bertajuk wisuda purna tersebut diselenggarakan di GOR Madrasah. Selain di hadiri oleh semua orang tua atau wali siswa juga dihadiri undangan khusus Kepala Kantor Kemenag Jepara dan juga KH.Noor Chalim dari Kudus memberikan Mauidhotulhasanah untuk hadirin.

Kepala MAN 1 Kudus Drs.H.Ahmad Rif’an M Ag dalam pidato pelepasan mengatakan, tahun 2023 ini MAN 1 penuh dengan prestasi yang dibanggakan. Salah satu prestasi yang dicapai siswanya adalah meningkatnya jumlah suswa yang mengikuti SNBP dan SPAN PTKIN .Tahun ini ada 123 siswa dan siswanya yang lolos Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur prestasi atau tanpa tes. Jumlah tersebut sesuai target tahun ini sejumlah 30 persen dari siswa kelas XII.

” Tahun ini jumlah siswa kelas XII yang kami lepas sejumlah 406 dan yang lolos tanpa tes 123 Siswa. Dan kita masih berharap lagi ada 100 siswa lagi yang lolos lewat tes sehingga target kami 50 persen lulusan MAN 1 Jepara meneruskan ke Perguruan Tinggi Negeri. Sisanya kita harapkan bisa meneruskan kuliah di PTS terdekat seperti UNISNU Jepara “, kata Ahmad Rif’an.

Selanjutnya Ahmad Rif’an juga berpesan kepada siswa yang pada tahun ini tidak bisa kuliah karena keterbatasan biaya. Dipersilahkan untuk bekerja selama 2-3 Tahun dan gajinya bisa ditabungkan untuk nantinya sebagai biaya kuliah. Dengan kuliah di Perguruan Tinggi ia berharap masa depan anak didiknya akan lebih baik dari sekarang.

” Itulah harapan kami agar selepasnya dari MAN 1 Jepara terus lanjut kuliah ke Perguruan Tinggi. Dengan pendidikan tersebut nantinya kelak mereka mampu bersaing dan masa depan merekapun akan lebih baik . Dengan pendidikan lanjutan ini tentunya mereka nasibnya juga akan lebih baik “, imbuh Ahmad Rif’an.

Ditempat yang sama Kepala Kantor Kemenag Jepara Drs.Muh Habib MM mengucapkan selamat kepada MAN 1 Jepara yang tahun ini berhasil meluluskan 406 siswanya. MAN 1 Jepara adalah salah satu Madrasah Unggulan di Jepara yang prestasinya bagus dan menjadi kebanggaan Jepara. Itu semua berkat kerja sana yang baik antara Sekolah, Komite dan Orang tua/wali siswa. Selain prestasi siswanya bagus kondisi bangunan fisik sarana dan prasarana juga bagus dan komplit.

” Kami ucapkan selamat kepada MAN 1 Jepara yang mewisuda siswa siswinya pada hari ini. MAN 1 Jepara Madrasah Unggulan yang prestasinya diakui siapa saja sehingga banyak siswa yang berminat menimba ilmu pengetahuan disini. Bahkan ketika PPDB sering sekolah ini kelebihan pendaftaran saking banyaknya yang berminat masuk ke sekolah ini “, tambah Muh Habib dihadapan ratusan yang hadir di acara Muwaddaah dan Wisuda Purna Siswa.

Acara Wisuda Purna Siswa MAN 1 Jepara cukup meriah diakhiri dengan Mauidhoh Hasanah dan Doa dari KH.Noor Chalim Ma’ruf dari Kudus. Selain itu ada juga pemberian penghargaan siswa berprestasi akademik dan Non Akademik dan juga persembahan khusus wisudawan untuk orangtua dan guru. ( Muin )