Gerbang Toll Demak Sayung di dekat Jalan Lingkar Demak

Demak – Tol Sayung – Demak salah satu bagian To Demak Semarang mulai akhir bulan Desember 2022 sudah bisa dilewati atau uji coba. Di awal tahun 2023 juga terus di ujicoba sehingga sampai hari Jumat tanggal 6 Januari pihak pengelola masih membebaskan pengendara dari biaya tol. Semua kendaraan baik kendaraan kecil maupun besar bebas mencoba kelaikan jalan tol yang berkonstruksi melayang dengan tiang beton.

Samsul (25) salah satu sopir travel dan carteran asal Jungpasir Demak mengatakan , secara keseluruhan kondisi jalan tol sudah laik untuk dilewati kendaraan. Mulai masuk pintu toll dari jalan lingkar Demak sampai pintu keluar toll di sayung semua mulus jalannya. Oleh karena itu ketika jalan dilewati dalan kondisi kecepatan tinggi juga nyaman dan aman.

” Memang karena posisinya yang tidak panjang karena hanya 16  Km maka belokan belokan terasa. Oleh karena itu saya himbau teman teman jika lewat belokan kurangi kecepatan.Belokan itu biasanya ketika keluar dari pintu toll atau masuk dari pintu toll.Secara keseluruhan sip lah apalagi hari ini masih gratis membuat kita tidak keluar uang bisa untuk tambah beli BBM”, kata Samsul uang berprofesi sebagai sopir sejak tahun 2017.

Samsul menambahkan , dengan adanya jalan tol ruas Demak sayung ini waktu yang di hemat sekitar 30 menitan.Jarak tempuh kalau lewat jalan biasa biasanya butuh waktu lebih 45 menit jika kondisi macet. Setelah masuk tol tidak ada lagi kemacetan jalan lancar tanpa hambatan. Dalam uji coba tersebut ketika kecepatan tinggi Hanya butuh waktu 10 menit saja. Kecepatan sedang butuh waktu sekitar 18 menit.

” Tapi ya itu karena baru ruas Demak – Sayung yang jadi ketika keluar dari pintu tol jalan merambat lagi dan harus kurangi kecepatan.Apalagi ditambah lagi jika jalan raya Genuk aďa yang terendam air waktunya tambah lama lewat jalan ini butuh waktu1Jam untuk lewat genangan banjir.Doa saya semoga tugas jalan toll yang kedua lekas jadi “, harap Samsul yang sering mengantar penumpang Demak ke Jakarta atau sebaliknya.

Dengan di dioperasikannya jalan toll seksi Sayung Demak menurut Samsul bisa menghemat waktu dan biaya .Oleh karena itu ia berharap untuk seksi 2 yang merupakan jalan toll dan tanggul laut segera selesai tanpa hambatan apapun. Ia optimis dengan dioperasikannya jalan toll Semarang Demak akan melancarkan tranportasi yang berimbas pada kenaikan ekonomi rakyat. ( Pak Muin ).