Demak – Saat ini publik masih diramaikan dengan STB (set top box) untuk televisi . Warga yang saat telah ini telah mendapatkan bantuan STB dengan nyaman menonton TV .Sedangkan warga yang tidak mendapatkan kini ramai ramai membeli STB secara mandiri meskipun kini harga cukup mahal.

Dari info yang didapatkan warga Demak yang menjadi sasaran penerima bantuan STB dari kementrian Kominfo sebanyak 70 ribu .Namun yang sudah disalurkan ke warga sejumlah 24 ribu sisanya akan di salurkan secara bertahap.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Demak Agus Purnomo mengatakan, tanggal 25 November pembagian vendor STB dari IIOTO sudah disalurkan 100 persen kepada masyarakat yang berhak. Kuota awal 70 ribu sekian, tapi untuk tahap awal ada 24 ribuan . Seperti yang di kutip dari Betanews.id, Selasa (6/12/2022).

Dari pemantauan kabarseputarmuria di desa Jungpasir kecamatan Wedung warga yang telah mendapatkan bantuan STB sejumlah 300 warga dari 400 yang terdaftar. Penyaluran dan pemasangan bantuan STB dilakukan fihak swasta tidak melibatkan pemerintahan desa.Namun pemdes mengetahui jumlah warga yang mendapatkan.
” Ya kalau yang namanya bantuan untuk warga miskin sejak dulu belum bisa tepat sasaran .Misalnya penerima dalam satu rumah ada yang mendapatkan dua bantuan. Penerima nama anak bukan¬† kepala keluarga. Selain itu yang di lihat mampu rumah bagus ada yang menerima tapi kelihatannya mereka masuk DTKS¬† “, kata Anwar perangkat desa Jungpasir pada kabarseputarmuria Kamis 8/12/2022.

Tidak hanya di desa Jungpasir saja dari hasil penelusuran kabarseputarmuria di beberapa desa di kecamatan Wedung misalnya desa Mutih Wetan , Mutih kulon dan Kedungkarang ditemukan hal yang sama.Bahkan ada penerima yang meninggal dunia masih mendapatkan.Nama anak yang mendapatkan dan satu KK mendapatkan 2 nama.

” Untuk desa Kedung karang yang tercatat bantuan STB sejumlah 166 buah tapi yang tersalurkan 159 buah yang 7 buah nama tidak di temukan ( karena meninggal ) dan di kembalikan “, kata Ah.Syaikhu perangkat desa Kedungkarang. (K-1)