Demak – Dukuh Gojoyo desa Wedung kecamatan Wedung Sabtu 11/6/2022 menjadi ajang pengabdian kepada masyarakat LPPM Undip. Tim sejumlah 40 orang mengadakan acara pengobatan gratis untuk warga dukuh Gojoyo desa Wedung yang cukup terpencil. Dukuh ini terletak di tengah tengah area pertambakan dengan akses jalan yang buruk.

Sri Winarni dari LPPM Undip mengatakan sesuai hasil survey dukuh Gojoyo layak untuk pengabdian masyarakat . Dari pusat pemerintahan desa jaraknya cukup jauh sekitar 5-6 Km dengan kondisi jalan rusak. Sehingga untuk masuk ke dukuh Gojoyo ini tim naik 4 perahu untuk mempercepat jarak tempuh karena tim membawa barang yang cukup banyak.

Warga antri mendapatkan pengobatan

 

“ Alhamdulillah acara berjalan lancar tim dengan semangat melayani sekitar 400 warga dan warga tampak antusias mengikuti pengobatan gratis . Ada warga yang juga dikhitan sekalian dan ada warga yang harus dirujuk ke RS Sunan Kalijaga untuk penanganan lebih lanjut “,kata Winarni yang dihubungi kabarseputarmuria Senin 13/6/2022.

Sri Winarni menambahkan , acara yang digelar di SD Wedung 3 ini benar benar dimanfaatkan oleh warga yang jauh dari Puskesmas . Mulai anak-anak , remaja , orang dewasa dan lansia datang untuk memeriksakan kesehatannya . Tim dari Undip melayani warga dengan semangat dan sepenuh hati sehingga acara pengabdian berjalan dengan lancar.

Warga yang datang untuk berobat dengan keluhan beragam ,diantaranya tensi yang tinggi ,asam urat,kolesterol,mata,gula darah yang tinggi ,persendian ,tulang, keluhan gigi ,gatal gatal dan sejumlah keluhan sakit lainnya.

Tim naik perahu ke lokasi

 

“ Kita mengadakan pengabdian di dukuh Gojoyo ini sudah tepat . Warga memang terdampak rob setiap hari sehingga hal ini membuat kesehatan mereka terganggu. Untuk ke Puskesmas jaraknya cukup jauh sekitar 6 km dengan kondisi jalan yang rusak parah. Semoga acara pengabdian ini benar benar bermanfaat untuk mereka “, tambah Winarni.

Hal sama di katakan Dokter Mughni tim dokter dari Undip , kegiatan pengobatan gratis bagi warga terdampak rob tinggi di dukuh Gojoyo benar benar dimanfaatkan. Dari pagi hingga sore warga tampak bersemangat untuk berobat. Sampai batas akhir waktu pengobatan mereka masih ada yang antri. Hal itu karena dukuh ini jauh dari Puskesmas selain itu jalan untuk keluar dari desa ini sangat buruk.

Warga ada yang di khitan

“ Tidak itu saja Tim kita juga mengadakan khitan untuk warga  yang memang telah kita persiapkan . Sehingga ada 4 warga yang langsung kita khitan atau operasi kecil. Ini semua persiapkan untuk warga dalam pelayanan pengobatan gratis. Semoga pengabdian dari LPPM Undip bermanfaat bagi warga “, tambah Dokter Mughni.

Kegiatan pengobatan gratis di dukuh Gojoyo desa Wedung ini di buka oleh Kepala desa Wedung Jamaludin Malik yang dihadiri pula Anggota BPD, Ketua RT dan  tokoh masyarakat setempat. Warga tampak senang mendapatkan pengobatan gratis dari tim dokter dari Universitas Diponegoro Semarang. ( Pak Muin)