Demak – Tingginya rob yang terjadi di minggu ini membuat air rob masuk ke pemukiman warga. Selain menggenangi jalan kampung ,pasar , pemakaman umum juga tempat ibadah. Salah satunya ada di desa Kedungmutiih musholla “Darunnjah” di RT 08 RW 03 kemasukan air. Air rob menggenangi teras Musholla dan sebagian masuk ke tempat sholat yang rendah.

Kejadian air masuk ke tempat sholat ini sudah berulang kali dalam setiap tahunnya. Namun rob pada awal bulan Mei ini cukup tinggi sekali setidaknya dalam satu Minggu 2-3 kali musholla ini kemasukan air. Sehingga menganggu warga yang akan sholat berjamah. Untuk rumah warga tak ada yang kemasukan air karena sudah ditinggikan.

“ Ya penyebannya ya air rob yang tinggi , kondisi musholla yang rendah karena belum di tinggikan terkendala dana . Sedangkan rumah warga sudah ditinggikan sehingga tidak ada rumah yang kemasukan air rob “, kata Sopyan warga desa Kedungmutih yang rumahnya dekat dengan Musholla Kamis (12/5/2022)

Air rob ,masuk ke dalam Musholla

Sopyan mengatakan , masuknya air rob ke dalam musholla baru dua tahunan ini . Dulu jika ada rob yang tergenang bagian halaman . Namun setahun ini kondisi rob semakin tinggi tidak hanya halaman saja namun juga naik ke teras dan sebagian masuk ke dalam atau tempat sholat.

“Ya inginnya sih mau dibangun namun kondisi jamaah yang rata rata nelayan sehingga sulit untuk menggalang dana. Inginnya sih ditinggikan lantai dan atapnya biar nyaman untuk jamaah sholat “, tambah Sopyan.

Melihat kondisi itu warga hanya pasrah jika rob datang air dibiarkan masuk ke dalam . Setelah surut kemudian dibersihkan untuk shalat kembali. Kondisi itu sudah berjalan 2 tahunan dan sampai saat ini belum ada solusi karena tgidak adanya dana untuk meninggikan musholla di kampung pesisir nelayan ini. (Muin)