Jepara – Musim hujan yang disertai angin cukup kencang pagi tadi Senin (28/2) melanda desa Tedunan dan Karangaji kecamatan Kedung kabupataen Jepara . Puluhan rumah dilaporkan rusak bagian atapnya. Mulai dari atap genting sampai dengan yang berbahan baja ringan atau galvalum

Abdillah Fadhol Petinggi desa Karangaji yang dihubungi kabarseputarmuria mengatakan , setidaknya ada 39 rumah warga desanya yang terdampah angin putting beliaung Senin pagi ini. Rumah yang terdampak angin putting beliung semuanya bagian atapnya yang berbahan genting dan baja ringan. Mulai kerusakan kecil sampai dengan kerusakan yang cukup parah.

“ Ada satu rumah warga desa karangaji atas nama Sokibul  Amin yang atapnya jebol seluruhnya berbahan baja ringan diperkirakan kerugian mencapai Rp 10. Juta rupiah . Yang lainnya kerusakan sedang dan ringan “, kata Abdillah Fadhol

Ditambahkan Abdillah Fadhol setelah adanya laporan musibah angin putting beliung di desa Karangaji beberapa aparat dari pemerintahan kabupataen Jepara hadir untuk meminta informasi dan mendata kerusakan rumah wartga untuk tindak lanjut . Selain itu Petugas PMiI dari BPBD Jepara juga hadir dilapangan untuk mengadakan assessment terkait kerusakan rumah warga .

Untuk desa Tedunan kecamatan Kedung rumah yang dipaorkan rusak terkena bencana angin putting beliung pqagi tadi sejumlah 157 rumah dengan kondisi ringan, sedang sampai dengan berat. Para petugas sudah datang untuk mengidetifikasi kerusakan rumah warga. Beberapa relawan tampak mengadakan pembersihan dan juga membantu warga untuk mengadakan pembenahan sejumlah atap yang rusak.

Kalak BPBD Jepara, Arwin Noor Isdiyanto yang datang ke lokasi bencana mengatakan , rumah warga yang terdampak angin putting beliung di desa Tedunan cukup banyak fihaknya berkoordinasi dengan instansi lain untuk mengadakan penagangan secdara cepat. Salah satunya BPBD akan membuka dapur umum di dua lokasi di desa Tedunan untuk memnsuplai kebutuhan makan warga yang terdampak bencana.

“ Kita dirikan dua dapur umum di desa ini agar warga tercukupi kebutuhan makannnya . Dengan perut yang kenyang kita berharap warga tenang menghadapi musibah ini. Seterusnya kita akan koordinasikan dengan instansi lain akan bencana di desa Tedunan ini bisa tertangani dengan cepat”, ujar Arwin .

Sementara itu Petinggi Tedunan Zafii mengucapkan terima kasih kepada semua petugas yang hadir di desanya untuk membantu penanganan bencana angin putting beliung. (Muin)