Jepara – Puting beliung menerjang 2 desa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Sabtu (29/1/2022). Puting beliung itu mengakibatkan 3 orang mengalami luka-luka, 1 rumah warga roboh hingga rata dengan tanah, dan sejumlah rumah rusak.

“Kejadian angin puting beliung itu di Desa Kaliaman, Kecamatan Kembang, dan Desa Bondo, Kecamatan Bangsri,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Jepara Arwin Noor Isdiyanto saat dihubungi detikJateng melalui pesan singkat, Sabtu (29/1).

Menurut Arwin, angin pitung beliung ini terjadi karena sejak Sabtu dini hari terjadi hujan disertai angin kencang di wilayah Jepara. Akibatnya, atap rumah warga rusak terkena angin puting beliung.

“Kronologi pada Sabtu (29/1) telah terjadi angin puting beliung Desa Bondo dan Kaliaman yang mengakibatkan beberapa rumah warga bagian atap rusak. Tidak ada korban dalam kejadian itu,” jelas Arwin.

Dia mengatakan, di Desa Bondo ada 2 rumah warga yang rusak. Yaitu, 1 rumah milik Dwi Utomo, warga RT 2 RW 7, dan 1 rumah millik Yudi, warga RT 2 RW 8.

Sedangkan di Desa Kaliaman ada 3 rumah yang dilaporkan rusak. Yaitu, satu ruko pasar Sore Kaliaman di RT 4 RW 4, satu rumah roboh milik Wanto, warga RT 1 RW 6, dan 1 rumah milik Rumtamah. Tidak ada korban jiwa, namun dilaporkan 3 orang mengalami luka-luka.

“Kerusakan Desa Bondo 2 rumah, di Desa Kaliaman 3 rumah. Satu rumah milik Wanto roboh, ada korban luka-luka 3 orang,” ujar dia.

Arwin menambahkan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan dinas terkait. Soal bantuan dan kebutuhan mendesak pun sedang diupayakan.

“Upaya melakukan koordinasi dengan pemerintah desa dan kebutuhan lainnya dalam proses pendataan,” pungkasnya.

Baca artikel detikjateng, “Puting Beliung Menerjang Jepara. 3 Orang Terluka, 1 Rumah Roboh” selengkapnya https://www.detik.com/jateng/berita/d-5919648/puting-beliung-menerjang-jepara-3-orang-terluka-1-rumah-roboh.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/