Jepara – Bertempat di LPK Cemara dibawah naungan Yayasan Kampoeng Pintar desa Suwawal Timur kecamatan Pakis Aji telah diadakan Pelatihan Menjahit Kerudung. Pelatihan diikuti 20 orang perempuan dari 5 kecamatan. Masing-masing kecamatan Pakis Aji,Mlonggo,Bangsri,Tahunan dan Jepara. Pelatihan berlangsung mulai tanggal 25 Januari – 27 Januari 2022.

Penyelenggara kegiatan Eko Santoso mengatakan, pelatihan menjahit kerudung untuk perempuan bertujuan untuk memberikan ketrampilan usaha bagi perempuan di pedesaan . Dengan adanya pelatihan diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan dan juga mendapatkan penghasilan untuk keluarga . Kerudung merupakan produk konfeksi yang prospeknya masih bagus .

” Kami lihat masih banyak perempuan di rumah yang tidak punya kegiatan usaha.Oleh karena itu lewat dana aspirasi dari Partai Nasdem Jepara kami ajukan proposal kegiatan Pelatihan ketrampilan menjahit yang merupakan permintaan warga dan terealisasi dibiayai APBD Kabupaten Jepara  pada tahun 2022 ini , Terima kasih saya ucapkan sayang hanya 3 hari mudah mudahan ada kelanjutannya  “, kata Eko Santoso  Ketua LPK Cemara pada kabarseputarmuria usai penutupan Pelatihan menjahit kerudung (27/1)

Sementara itu Kepala Diskopukmnakertrans Jepara Samiaji dalam pembukaan Pelatihan mengatakan,dengan semakin banyaknya tenaga trampil akan terbuka lapangan pekerjaan dengan usaha mandiri.Oleh karena itu diharapkan peserta mengikuti kegiatan dengan sungguh sungguh. Ia berharap setelah selesai pelatihan para peserta bisa membuka usaha sendiri dan membuka lapangan pekerjaan di desa masing masing.

” Kalau sudah mahir langsung buka usaha sendiri di rumah . Kalau belum trampil bisa melanjutkan pelatihan lagi di BLK Jepara ” tambah Samiaji.

Ditempat yang sama H.Pratikno selaku wakil Pimpinan DPRD Jepara , mengatakan ,dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam rangka mengurangi pengangguran . Semakin banyak perempuan yang trampil utamanya dalam menjahit kerudung ini akan mudah mendapatkan penghasilan karena bisa membuka usaha sendiri dirumah.

” Adanya aspirasi pelatihan menjahit tersebut harapan saya bisa memberi bekal ketrampilan kepada peserta dengan  demikian ketrampilan tersebut bisa untuk mengembangkan atau berusaha di rumah sambil mengurus rumah tangga . Bagi yang berkeluarga untuk menambah ekonomi sedang  bagi yang  belum  keluarga juga bisa buat sarat masuk perusahaan atau juga bisa usaha sendiri “,tambah Pratikno yang Ketua Partai Nasdem Jepara. (Muin).