JEPARA – Dalam rangka menguatkan ketahanan pangan dan mensosialisasikan profesi petani pada generasi millineal DPD NasDem Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, meluncurkan program inovasi pertanian melalui Gerakan NasDem menanam padi di sawah aset Desa Batu Kali, Kecamatan Kalinyamatan, seluas empat hektar yang berlangsung pada Sabtu (18/12)

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Jepara, Pratikno pada kabarseputarmuria mengatakan, sawah aset Desa Batu Kali itu akan dikelola melalui mekanisme sewa selama tiga tahun ke depan untuk ditanami padi. Sawah ini sebagai percontohan bagi generasi millineal Jepara yang ingin belajar tentang pertanian padi. Hasilnya nantinya akan juga didistribusikan bagi warga masyarakat yang membutuhkan .

“ Ini salah satu peran Partai Nasdem Jepara untuk memberikan semanagat kepada warga untuk terus menanam padi padala lahan yang ada. Dengan adanya gerakan ini kami berharap Jepara tetap menjadi salah satu lumbung pangan. Selain itu juga melibatkan generasi muda untuk peduli pada pertanian “. kata Pratikno.

Dia melihat saat ini cari tenaga tanam padi di Jepara sangan sulit . Kebanyakan tenaga tanam padi mengambil dari daerah lain seperti Demak , Kudus atau Pati. Padahal padi adalah makanan pokok kita sehari hari dia tidak ingin nantinya produksi padi akan terus turun . bahkan  di suatu saat nanti tidak ada lagi warga yang menanam padi.Sehingga pasokan beras tergantung pada negara lain.

“ Oleh karena itu kami membuat terobosan hari ini kita tanam di empat hektar sawah yang kami sewa selama 3 tahun . Sekali lagi tujuan kami yang inti adalah menjaga ketahanan pangan di jepara khususnya dan negara Indonesia umumnya “, tambah Pratikno Selasa ( 21/12 )

Pratikno menambahkan , selain bibit padi, Partai NasDem juga melakukan penanaman sejumlah bibit tanaman buah yang disebar di beberapa titik di Desa Gerdu. Desa tersebut berbatasan langsung dengan Desa Batukali. Dulu Desa Gerdu itu terkenal dengan desa penghasil buah belimbing. Sekarang pohonnya saja sudah jarang, makanya ia ingin mengembalikan lagi ikon ini untuk ke depannya

Lebih jauh Praikno mengatakan, Gerakan NasDem Menanam ini merupakan upaya untuk membantu masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan. Menurut dia pemilihan jenis padi dipilih lantaran beras menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat.

“Bukan tidak mungkin nanti kami akan menyewa lahan di tempat lain. Terutama di dapil-dapil (daerah pemilihan, red) kami yang lain. Karena kedaulatan pangan ini memang harus kita galakkan,” pungkas dia.( Muin)