Jepara – Belanak adalah salah satu ikan air payau yang rasanya cukup enak . Sehingga banyak pemancing yang mencoba menangkap ikan ini. Uniknya menangkap ikan ini tidak menggunakan pancing seperti ikan kakap atau kerapu.

Namun ada alat pancing khusus untuk menangkap ikan belanak ini. Bentuk pancing ikan belanak ini adalah unik karena terbuat dari botol plastic bekas ,bisa dari aqua atau larutan penyegar. Botol plastic ini dipotong dan dibuat seperti perangkap . Di dalam perangkapo ikan belanak ini diberu umpan yang dibuat dari tepung terigu dicampur marimas.

Umpan ikan belanak tepung dan marimas

“ Saya tidak tahu siapa yang memulai membuat pancing dan umpan belanak seperti ini saya hanya ikut teman teman. Membuatnya mudah dan biayanyapun murah. Satu kali mancing umpannya tidak habis Rp 10 ribu bahkan bisa dipakai dua kali mancing “, kata Udin ( bukan nama sebenarnya ) pemancing dari desa Bugel kecamatan Kedung pada kabarseputarmueia Sabtu (24/7/2021).

Udin yang berprofesi sebagai sopir truk dam mengatakan , hobi merupakan hobinya sejak dulu. Jika tidak nyopir atau pikiran sedang suntruk ia memancing belanak di area pertambakan garam di desa Babalan dan Kedungmutih. Di area pertambakan itu ada sungai yang sering menjadi tempat mangkalnya pemancing ikan belanak.

“ Ya namanya memancing kadang dapat ikan banyak ya kadang sepi . Tapi bukan ikan yang jadi tujuan memancing saya . Namun membuang rasa sepi dan pikiran kusut apalagi saat Covid ini di rumah banyak pusingnya karena penghasilan turun 50 persen , ya larinya ke sini “, ungkap Udin .

Udin menambahkan memancing ikan khususnya belanak ini perlu kesabaran dalam menunggu umpan di sambar ikan. Oleh karena itu ia berangkat sendirian dari rumahnya biasanya sekitar 6 pagi . Pulangnya kadang siang kadang sampai sore tergantung cuaca dan juga perolehan ikan. Kalau dapat banyak ya segera pulang kalau belum dapat ya sabar menunggu sampai dapat . (Muin)