Demak – Kasus Covid-19 yang semakin meningkat di berbagai wilayah di kabupaten Demak, Penggunaan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer saat ini merupakan bagian dari rangkaian komprehensif langkah pencegahan dan pengendalian yang dapat membatasi penyebaran virus Covid-19.

Untuk itu, mahasiswa KKN MIT DR 11 Kelompok 08 mengajak sejumlah ibu-ibu rumah tangga sebanyak 20 orang yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Desa Jraggung Kabupaten Demak diberikan pelatihan pembuatan handsanitizer menggunakan bahan alam lidah buaya Pelatihan ini sengaja diberikan, guna mencegah penularan atau penyebaran virus covid dengan memanfaatkan bahan alam sekitar.

“Inovasi yang kita buat yaitu dengan memanfaatkan bahan alam disekitar seperti lidah buaya sehingga lebih bermanfaat”, Jelas Luluk saat memberikan pelatihan Handsanitizer alami kepada kelompok masyarakat Desa Jraggung, Kabupaten Demak, pada Selasa 25 Januari 2021.

Pembuatan handsanitizer tersebut cukup mudah untuk dilakukan karena prosesnya sederhana. Pertama, lidah buaya dipotong kecil-kecil dan dihaluskan. Kemudian, ditambahkan alkohol 70% dan dikocok dan didiamkan 15 menit hingga homogen.

“Setelah mengikuti pelatihan ini mendapatkan pengalaman pembuatan handsanitizer secara aman dan dan bisa mengetahui maanfaat lain dari bahan alam lidah buaya”. Imbuh bu Ayu selaku peserta yang mengikuti pelatihan pembuatan handsanitizer.

Penulis: Luluk Chadiroh