Jepara – Salah satu favorit untuk bertahun baru di Jepara adalah di area Monumen tiga pejuang wanita Jepara. Tempat ini akrab disebut monument Tri Juang Jepara di desa Ngabul . Ya dulunya Bunderan yang ada air mancurnya namun sejak tahun 2018 tempat ini direnovasi menjadi Taman dan ada tiga patung wanita pejuang Jepara masing masing Ratu Shima ,Ratu Kalinyamat dan RA Kartini.

Tiga patung tinggi menjulang menggambarkan perjuangan tiga wanita . Yang pertama Ratu Shima memimpin Kerajaan Kalingga posisi Patung menghadap kearah Keling. Patung Kedua Ratu Kalinyamat wanita pemberani berjuang melawan penjajah menghadap ke Mantingan dan RA. Kartini Pahlawan emansipasi menghadap ke kota Mayong kota kelahirannya.

Selain tiga patung ada taman yang cukup luas di dalamnya sehingga pengu njung bisa memasuki dengan duduk duduk di kursi kursi yang ada. Selain itu banyak pula gambar atau pemandangan yang bisa digunakan untuk selfi selfi bersama keluarga ,teman dan kerabat. Sehingga jika hari libur tempat ini banyak mendapat kunjungan warga sekitarnya .

Jika sore hari hingga malam  area Monumen Trijuang Ngabul ini juga banyak pedagang makanan yang berjualan. Sehingga bagi anada pecinta kuliner bisa datang ke Monumen Trijuang ini. Ada banyak menu makanan dan minuman yang bisa dinikmati sambil memandang indahnya monument juang jika malam hari.

“ Jika malam hari pemandangan di tempat ini cukup indah ,ada lampu yang berkelap kelip . Jika tidak hujan area minumen ini ramai sampai larut mala “, kata salah satu pedagang yang berjualan di dekat monument juang pada kabarseputarmuria.

Di Dekat Monumen Trijuang ini pengunjung bisa membeli Durian Jepara karena sebelah Timu ada pasan Durian. Pengunjung bisa leluasa membeli Durian karena disini ada banyak pedagang yang menggelar dagangannya. Paling asyik jika membeli langsung dimakan karena ada garansi jika durian tidak manis atau hambar bisa diganti yang baru. Tentgunya jika pandai menawar akan beroleh harga yang murah namun tidak murahan rasa duriannya.

Nah bagi anda yang belum ada rencana untuk tahun baru berkunjung ke mana , anda bisa datang ke monumen juang. Namun karena dalam masa pandemic covid 19 maka anda harus manjaga prokes covid 19. Dari rumah bawa masker , jaga jarak ketika berada di area monument juang. Usahakan tidak berkerumunan karena anda pasti akan dipantau satgas covid 19 . Oleh karena itu selalu jaga jarak sesama pengunjung jangan sampai berkerumun. (Muin)

Videonya bisa dilihat dibawah ini :