Pekalongan – Meskipun pandemic corona belum usai namun Pengajian Kliwonan telah digelar beberapa kali . Hari ini Jum’at Kliwon (16/10) Kanzussholawat Pekalongan kembali dihadiri ribuan jamaah yang hadir dari seluruh pelosok pulau Jawa. Mereka hadir ke kota batik ini dalam rangka pengajian Kliwonan yang dipimpin langsung Maulana Habib Lutfie . Ribuan orang tampak memadati gedung yang berada di kota Pekalongan.

Pengajian yang dimulai sekitar pukul enam pagi diawali dengan pembacaan sholawat dan maulid nabi . Selanjutnya sekitar pukul setengah delapan dzikir umum yang dipimpin Maulana Habib Lutfi . Setelah itu pembacaan kitam hikam ala pondok dengan bahasa jawa. Setelah itu tausiyah singkat oleh Habib Lutfi untuk semua jamah.

Dalam tausiyahnya pagi ini Habib Lutfi mengatakan , kita tidak seharusnya takut dengan corona melebihi takut kita kepada Allah. Corona memang ada tetap bisa kita tangkal dengan imun tubuh kita. Semakin kut keimanan kita kepada Allah SWT maka corona tidak akan masuk ke dalam tubuh kita. Oleh karena itu kita harus selalu hadir dalam majlis pengajian karena dengan pengajian semacam ini imun kita akan kuat,

“ Itu pesan saya jangan takut pada corona tetap beraktifitas seperti biasa , bekerja , bertani untuk kekuatan pangan kita. Ya sudahlah kita ikuti protocol kesehatan dari pemerintah “, pinta Habib.

Dalam kesempatan itu Habib juga menyoroti sebagai seorang tokoh harus bisa menjadi panutan . Berkata yang benar dan tidak membingungkan umat . Harus menjaga persatuan dan kesatuan umat . Karena setelah nabi wafat  ada tokoh yang menjadi panutan umat yang harus bisa membawa umat menuju kebaikan persatuan dan kesatuan.

Selanjutnya Habib Lutfie juga mengatakan di masa pandemic corona ini kita harus saling tolong menolong . Utamanya pada warga yang penghasilannya hari ini untuk makan besok . Mereka sangat terdampak oleh corona yang berkepanjangan ini. Selain itu beliau jug berharap roda ekonomi terus berputar. Semua warga tetap bekerja untuk menafkahi keluarganya.

“ Khusus untuk bidang pertanian karena ini sumber pangan , para petani harus terus bekerja untuk memenuhi kebutuhan pangan kita . Mari kita berdo’a corona segera sirna dari bumi Indonesia “, tambah Habib Lutfi diamini seluruh jamaah yang hadir di Pengajian Jum’at Kliwon Kansusholawat pekalongan .( Muin ).