Semarang – Menghadapi kenormalan baru akibat pandemi, masyarakat di Kota Semarang sudah mulai tertib menggunakan masker dalam aktivitas sehari-hari. Berbagai ikhtiar untuk menangkal berkembangnya virus Corona terus digalakan, salahsatunya penyemprotan cairan probiotik di sepanjang titik keramaian.

Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Tengah bersama Yayasan Rumah Pancasila melakukan penyemprotan cairan probiotik pencegah Corona mulai hari Kamis (8/10) dan berlanjut Jumat (9/10). Hamas Rausyanfikr selaku ketua Program ACT Jateng mengonfirmasi kegiatan penyemprotan akan berlangsung sampai satu pekan kedepan.

“Yang membedakan dari cairan ini dengan disinfektan adalah tingkat keamanannya. Jika terkena tanaman, hewan atau kulit manusia insya Allah aman karena terbuat dari bahan alami,” ungkap Hamas.

Titik lokasi penyemprotan berada di sepanjang ruas jalan yang ramai kendaraan dan juga pusat-pusat keramaian. “Hari Kamis(8/10), kita berkeliling menggunakan mobil pikap di Jalan Dr. Wahidin, Jalan Sultan Agung, dan Jalan Sisingamaraja. Sementara hari ini (9/10) kita berkeliling di Jalan Indraprasta, dan Kompleks Pasar Johar Kota Semarang,” kata Hamas.

Saat implementasi di lapanagn tim ACT dibantu oleh relawan yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI). Salah satu koordinator dalam aksi tersebut, Elvan Ardi mengajak sejumlah relawan untuk berbagai aksi kemanusiaan. “Selain penyemprotan, relawan MRI-ACT turut membantu masyarakat terdampak dengan memberikan sedekah makan gratis,” ujar Elvan.

Secara berkala tim MRI-ACT juga memberikan alat pelindung diri (APD) di sejumlah fasilitas kesehatan. Namun, bantuan yang diberikan belum cukup sepadan disbanding kebutuhan. Oleh sebab itu, Elvan mengajak masyarakat untuk memiliki kepedulian bersama dalam menangani pandemi ini.

“Karena pandemi adalah masalah kita bersama, maka mari kita selesaikaan bersama. Tentu dengan porsi kita masing-masing sesuai bidang keahlian maupun profesi yang dimiliki. Kedermawanan sahabat bisa disalurkan melalui kantor ACT Jawa Tengah di Jalan Dr. Wahidin No. 213 Kota Semarang atau careline di 081234234514,” pungkas Elvan.