Jepara – Hobi atau kesenangan bisa menjadi profesi  sekaligus memberi manfaat kepada yang lain. Itulah yang kini dijalani oleh Yanti Riyanti warga desa Tubanan Duren Gang Selalu Rindu RT 2 RW 4 kecamatn Kembang kabupaten  Jepara. Di rumah antiknya ia mengelola Radio FM yang setiap hari memberi hiburan dan manfaat kepada ribuan warga di 6 kecamatan yang menjadi Fans Radioanya.

Sampai saat ini  Stasiun Radio FM yang dikelolanya itu sudah menginjak usia yang ke 10 tahun. Dalam rentang waktu itu banyak suka dan duka yang ia rasakan. Mulai dari pemancar tersambar petir , melayani penggemar yang berkaraoke , mencari spare part dan hal hal lain yang berkaitan dengan operasional sehari hari. Namun semua rintangan itu dijalani dengan dengan senang hati

“ Awal berdirinya Radio Andromeda ini ya karena warga butuh hiburan , untuk modalnya dari penghasilan saya kerja di Columbia . Dulu jangkauannya cukup jauh namun sayang kena petir .Saat ini jangkauan radio ini ya 6 kecamatan di seputaran desa Tubanan ini “, kata Riyanti yang dihubungi kabarseputarmuria via online.

Meskipun hanya 6 kecamatan saja namun penggemar atau fans Radio Andromeda cukup banyak . Selain sapa sesame  penggemar via online banyak pula fans yang datang live langsung berkaraoke ria. Bagi para penggemar karaoke fihaknya memberikan waktu dan kesempatan sepuasnya bagi semua fans atau penggemarnya. Mereka bisa berkaraoke sendirian atau duet. Semua lagu disediakan mulai dari dangdhut, kasidahan , campur sari dan juga Tayuban.

“ Untuk berkaraoke disini biasanya para fans berkontribusi untuk kelangsungan radio ini. Biasanya paling dikit ya Rp 20 ribu kadang bisa lebih tergantung lamanya disini. Setiap hari ada beberapa yang berkaraoke disini jika libur disini cukup ramai “, Tambah Riyanti.

Nah dari kontribusi karaoke para penggemar itulah Riyanti bisa menjalankan roda Studio Radio Andromeda yang ia gawangi sendiri kadang juga dibantu teman teman sehobi.. Selain itu ia juga mendapatkan masukan dari iklan mulai dari Iklan usaha  kecil dipedesaan , iklan undangan ulem ,iklan pencalonan petinggi  dan juga iklan pencalonan Anggota DPRD.

Dari kreatifitas dalam bidang seni khusunya menyanyi itulah  Radio Andromeda FM bisa bertahan sampai sekarang meski saat ini sudah eranya digital  dan ponsel Android. Keunggulannya adalah siaran live atau langsung  sehingga para pengge,mar bisa berinteraksi secara aktif. Selain itu para penghobi  karaoke bisa menyalurkan bakatnya  sekaligus bisa didengarkan orang banyak.

Sebagai pengelola Radio Riyanti juga dikenal sebagai seniman serba bisa selain menyanyi sejak kecil dan manggung di mana mana ketika mudanya. Ia juga bisa melawak atau ndagel sehingga ketika ada pegelaran kethorak atau guyon maton ia sering dapat job dari temannya sesame seniman.

Tidak itu saja ia juga bisa memandu acara atau jadi MC di berbagai acara mulai dari Ulang Tahun anak , MC acara pengantin  sampai dengan MC acara pergelaran music dangdhut. Bahkan untuk menyanyi tidak hanya lagu dhangdhut saja , ia juga menguasai lagu lagu campur sari dan qosidah.

Nah bagi anda yang ingin berkenalan dengan sosok seniman serba bisa dari Jepara ini bisa datang ke Studio Radio Adromeda FM di desa Tubanan kecamatan Kembang kabupaten Jepara no HP 081326161384 .(Muin)