Jepara – Pasar Tradisional desa Guwosobokerto kecamatan Welahan merupakan salah satu pusat perbelanjaan kebutuhan sehari hari warga desa di kecamatan Welahan Barat. Mulai dari desa Jungpandan , Karanganyar , Guwo sobokerto , Teluk Wetan dan Sidi Gedhe . Jika pagi hari pasar ini cukup ramai dengan penjual maupun pembeli.

Namun sayang karena penataannya belum bagus maka situasi membuat macet jalan depan pasar.  Selain itu jumlah bangunan pasar tidak bisa menampung keseluruhan pedagang. Sehingga banyak pedagang yang menggelar dagangannya di pinggir jalan dengan kondisi seadanya. Akibatnya jika pagi hari saat warga berangkat kerja jalan depan pasar sering macet.

Dilihat kondisi bangunan pasar desa Guwo Sobokerto ini jauh dari kelayakan bagi pedagang. Selain itu bangunan los pasar yang terbuat dari kayu dan beratap esbes sudah lama tak direnovasi . Akibatnya beberapa atapnya bolong-bolong dan bagian kayunya banyak yang rapuh . Sehingga hal ini membuat pemandangan di pasar ini kurang nyaman.

Selain menggelar dagangannya di pinggir jalan , banyak pedagang yang membuat tempat jualan seadanya di pinggir jalan kampung. Padahal dari dagangannya di pasar ini cukup komplit mulai dari kebutuhan pokok seperti beras , buah-buahan , lauk pauk , serta kebutuhan lainnya tersedia di tempat ini. Jika musim kemarau ini tidak menjadi masalah , jika musim hujan hal ini membuat repot para pedagang.

Bu Painah warga desa Guwo Sobokerto mengatakan , pasar tradisional di desa Guwo ini sudah lebih dua puluh tahun adanya . Pedagangnya tidak banyak seperti sekarang yang meluber hingga pinggir jalan. Bangunannya sudah lama ada dan belum ada perbaikan sampai sekarang. Pedagang yang berjualan dim pasar ini tidak hanya warga desa Guwo Sobokerto saja.

“ Kalau pedagangnya ya tidak hanya warga sini saja , banyak pedagang lain desa berjualan di sini begitu juga pembelinya warga sekitar desa Guwo berbelanja kebutuhan harian disini . Jika jelang hari raya jalan ini macet lama karena banyaknya pedagang yang berjualan di pinggir jalan “, kata Bu Painah yang berjualan bamboo di dekat pasar tradisional Guwo.

Melihat kondisi pasar tradisional desa Guwo yang kurang layak diharapkan adanya perbaikan pasar darim pemerintah. Selain menata pedagang agar tidak berjualan dipinggir jalan juga bisa melancarkan arus lalu lintas di depan pasar yang sering macet. Namun demikian pembangunan pasar tersebut tidak memberatkan para pedagang.

“ Kalau harus beli atau bayar mahal , ya mending jualan kayak begini saja , pasar sini hanya beberapa jam saja ramainya jadi hasilnya tidak maksimal “, kata salah satu pedagang. (Muin)