Jepara  РPantai merupakan obyek pariwisata yang cukup di gemari saat musim liburan tiba, apalagi anak-anak yang suka bermain air, pasti sangat senang jika diajak oleh keluarganya berlibur di pantai. Tetapi bagaimana jika para wisatawan tidak menjaga kebersihan pantai dan seenaknya membuang sampah di bibir pantai.

Maka hal tersebut pasti sangat merugikan bagi wisatawan itu sendiri dan akan merepotkan bagi petugas kebersihan yang ada dan juga akan merusak keanekaragaman di dalam laut. Oleh karena itu, kesadaran dari masing-masing wisatawan sangat diharapkan, agar para wisatawan itu sendiri dapat berlibur dengan senang dan tidak terganggu oleh sampah.

Liburan berakhir, sampah diusir! Mungkin itu kata yang tepat untuk lokasi disekitar Pantai Teluk Awur Jepara. Kesadaran akan kebersihan oleh para pedagang yang ada di Pantai Teluk Awur Jepara patut diacungi jempol.

Libur Idul Fitri mengakibatkan lokasi wisata Pantai Teluk Awur Jepara penuh dengan sampah yang berserakan.Namun saat ini lokasi sekitar Pantai Teluk Awur tampak bersih dan terawat, semua itu berkat kerjasama antara pedagang dan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara.

“Kalau bukan kita para pedagang yang sadar dan membersihkanya, maka siapa lagi?” Ujar salah satu pedagang yang ada disana. Walaupun masih ada sebagian sampah, namun sampah tersebut sudah dikumpulkan dan akan diangkut oleh truk sampah.

Diharapkan kegiatan kebersihan tersebut dapat terus berkembang dan masyarakat sekitar pantai Teluk Awur dapat ikut berpartisipasi, karena Pantai Teluk Awur Jepara termasuk salah satu tempat destinasi wisata yang menarik di Kabupaten Jepara. ( Septianika Putri Pramesti 2Pai A1-  UNISNU Jepara)