Demak – Desa Kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak saat ini menjadi desa penyanggah ekonomi sekitarnya. Tempatnya yang strategis di persimpangan membuat desa ini mendapat banyak kunjungan dari warga desa tetangga. Salah satunya adalah Pasar Tradisonal yang menjadi magnet penarik warga desa tetanga seperti desa Babalan , BerahanWetan,Kedungmalang ,Tedunan dan Surodadi serta panggung.

Pasar Baru desa Kedungmutih dulunya pindahan pasar lama yang terletak dipinggir Tanggul SWD 2. Akibat dari adanya normalisasi tanggul sungai itulah pada tahun 2004 pasar itupun dipindah dengan mengurug kolam desa . Pada waktu itu desa Kedungmutih dipimpin Kades Hamdan.

Kades Hamdan inilah yang mempunyai inisiatif untuk membuat pasar desa yang besar dan layak meski harus mengeluarkan biaya dan tenaga yang cukup besar. Pasar Baru desa Kedungmutih inilah salah satu peninggal monumental era kepemimpinan Hamdan sebagai kades Kedungmutih dengan jabatan hampir 20 tahun.

Pasar desa Kedungmutih saat ini menjadi salah satu pasar tradisional terbesar di kecamatan Wedung Utara. Warga yang berbelanja di pasar ini tidak hanya warga desa Kedungmutih saja. Namun warga desa tetangga yang dekat dengan Kedungmutih. Diantaranya desa Berahan Wetan,Babalan, Kedungkarang, Tedunan Demak . Sedangkan dari Jepara ada warga desa Kedungmalang , Surodadi dan Panggung.

Di pasar tradisional Kedungmutih ini menyediakan berbagai kebutuhan warga baik pangan dan juga sandang. Puluhan penjual bahan pangan mulai dari beras , sayuran ,buah buahan , ikan dan kebutuhan pangan lainnya. Sedangkan kebutuhan sandang ada berbagai macam pilihan mulai baju , celana , sandal, sarung , peci dan masih banyak yang lainnya.

Di bulan ramadhan ini para pedagang mulai menambah stok barang yang dijual. Keramaian pembeli juga mulai terasa . Biasanya jam 11 siang pasar mulai lengang , namun di bulan Ramadhan ini masih kelihatan para pembeli yang berbelanja. Utamanya yang menjual pakaian dan makanan untuk lebaran dipenuhi pembeli.

Nah bagi pembaca yang tinggal di seputaran desa Kedungmutih . Anda bisa datang ke pasar tradisonal Kedungmutih ini. Selain pembeli pasar Kedungmutih ini juga terbuka bagi siapa saja yang ingin menjual produknya di pasar ini. Penjual di pasar ini justru banyak yang datang dari luar desa Kedungmutih.(Muin)