Demak – Keseriusan pemerintah Demak dalam rangka menuntaskan jalan rusak di daerah pinggiran patut dibanggakan.  Sampai pertengahan tahun 2015 ini sejumlah ruas jalan yang rusak telah terbetonisasai . Salah satunya adalah Jalan raya desa Babalan – Kedungmutih.

Jalan yang telah ratusan  tahun belum pernah tersentuh pembangunan jalan skala besar ini setiap tahunnya terus mendapatkan perhatian. Dalam hitungan lima tahun ini setidaknya hampir delapan puluh persen sudah terbetonisasi. Tinggal beberapa ratus meter saja yang masih rusak.

Untuk jalan yang belum terbetonisasi ada upaya pemerintah untuk melanjutkannya. Hal ini bisa dilihat dengan dibangunnya kembali talud jalan sebagai pembatas jalan raya dengan sungai. Ruas jalan yang belum diberi talud pada bulan ini telah digarap pembuatan talud.

20150709_083356

“ Kondisi tanah yang labil dan juga kiri kanan air itulah yang menjadikan biaya pembangunan cukup besar. Selain membeton jalan kita harus juga mempersiapkan talud lebih dahulu . Jika sudah ditalud tahun ini tahun depan kita anggarkan untuk betonisasinya “, ujar Fatkhan, SH Anggota Dewan dari Partai Demokrat pada kabarseputarmuria.com.

Fatkhan yang cukup serius dalam memperjuangkan daerah pemilihannya dalam percepatan pembangunan ini mengatakan. Daerah Wedung Utara kini kondisinya jauh lebih baik dibandingkan sepuluh tahun yang lalu. Dulu jika hujan jalan becek dan sulit dilewati. Distribusi pemasaran hasil laut dan garam sulit karena kendala jalan,

“ Alhamdulillah berkat kerjasama kita semua , Wedung Utara infrastruktur jalan sudah bagus. Transportasi antar desa lancar . Jalan rusak mungkin tinggal sepuluh sampai dua puluh persen saja. Itupun kita perkirakan 2016 sudah selesai semua “,tambah Fatkhan.

Dengan terus dibangunnya jalan rusak beberapa warga desa yang ditemui mengungkapkan kegembiraannya. Dengan jalan yang bagus tidak ada kendala lagi distribusi pemasaran hasil tambak yang berupa ikan maupun garam. Contohnya pedagang ikan dari desa Babalan perjalanannya lebih lancar jika menjual hasil ke pasar baru desa Kedungmutih.

“ Ya harapan kami sebagai warga masyarakat mohon kepada pemerintah agar jalan raya Babalan-Kedungmutih dan Babalan – Menco bisa segera selesai. Sehingga warga desa kami jika musim penghujan tidak kesulitan lagi jika keluar desa”, harap Haji Nurkolis pedagang ikan dari Desa Babalan kecamatan Wedung kabupaten Demak. (Muin)