SMPN 2 Jepara, Kamis (2/11/2023) – Dua peserta didik SMPN 2 Jepara mengikuti seleksi Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tahun 2023 jenjang SMP Tingkat Kabupaten Jepara. Seleksi ini bertujuan mengambil peserta untuk bisa maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Festival ini melibatkan partisipasi guru pendamping, pegiat bahasa Jawa, dan pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara. Selain itu, FTBI dilaksanakan sebagai perwujudan dari program kerja seksi pengendalian mutu Bidang SMP Disdikpora Kabupaten Jepara Tahun 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan di SMPN 3 Jepara mulai pukul 07.00 WIB s/d. selesai dan bertajuk “Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 2023”, dengan mengambil tema “Lestarikan dan Kembangkan Bahasa Jawa”. Tema tersebut diambil karena para siswa SMP se-Kabupaten Jepara merupakan generasi-generasi muda yang memiliki kewajiban melestarikan budaya bangsa khususnya Bahasa Jawa yang merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia.

Salah satu peserta dari SMPN 2 Jepara  yaitu Gravila Gendis Anggita Putri keluar  sebagai juara 1 mendongeng dan selanjutnya akan mengikuti kegiatan yang sama di tingkat propinsi . Sedangkan Maullanna Putra Ardyan keluar  sebagai juara 2 pidato.

” FTBI merupakan bagian dari implementasi kebijakan Merdeka Belajar sebagaimana yang disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode ketujuh Belas: Revitalisasi Bahasa Daerah. ” , Ujar Fatkhurrohman  Kepala SMP Negeri 2 Jepara.

Ditambahkan , Festival ini diharapkan dapat melahirkan banyak penutur aktif dari generasi muda sehingga bahasa ibu mereka dapat terus dilestarikan. Dengan kondisi yang semakin global ini perlu adanya pelestarian bahasa ibu.

“Harapan kami dengan kegiatan ini, menjadikan generasi muda sebagai penutur aktif bahasa daerah dan mempelajari bahasa daerah dengan menyenangkan serta menjaga kelangsungan hidup bahasa daerah,” terangnya

Adhe Punthi dan Widiana Adiati selaku guru pendamping dari SMPN 2 Jepara ,  mengatakan kegiatan tersebut berjalan lancar tanpa suatu kendala apapun. Hasil dari kejuaraan ini langsung disampaikan kepada pihak Sekolah dan mendapatlan respon baik dari Waka Kesiswaan Fitri Asmaryanti.

” Selamat kepada anak-anakku yang luarbiasa, kalian hebat dan terus semangat untuk melestarikan budaya bangsa, ujarnya melalui WhatsApp.

Kejuaraan ini juga mendapatkan respon cepat dari beberapa guru penggerak di SMPN 2 Jepara Dwika Bagus Satria dan Atika Zaqiyatut T.H dengan memberikan jargon #capero bisa #capero berkarya dan #capero juara.

Sementara itu Abdul Wahab, Staff Kesiswaan SMPN 2 Jepara mengatakan  ,  Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) diharapkan dapat memberikan akses bagi para partisipan umumnya dan khususnya peserta didik SMPN 2 Jepara, sehingga nantinya akan semakin bangga menggunakan bahasa daerah.

” Sekali lagi selamat  kepada Maullanna Putra Ardyan sebagai juara 2 pidato dan Gravila Gendis Anggita Putri sebagai juara 1 mendongeng yang akan melaju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah, dan semoga bisa memberikan hasil terbaik ke depannya “. tambahnya.