Jepara – Komunitas Relawan Jepara sudah 8 hari ini mengirim air bersih untuk warga terdampak kekeringan . Setiap hari KRJ mendroping air secara Cuma suma untuk membentu menyediakan air bersih warga dan tempat ibadah. Droping air tersebut hingga larut malam karena antrian suplai air bersih dari tempat pengambilan.

Alba Muhammad Muchid Koordinator KRJ Jepara pada kabarseputarmuria mengatakan , droping air bersih merupakan giat KRJ dalam rangka membantu warga yang terdampak kekeringan . Desa Kedungmalang merupakan salah satu desa yang butuh air bersih karena hampir sebulan pipa PDAMnya mati.

“ Melihat kondisi inilah kami tergerak membantu sesame dengan membuka open donasi air bersih di WA Grup . Pada tahap awal ini telah terkumpul 20 Tangki air yang sudah kami droping sejumlah 16 tangki. Sisa tinggal 4 tangki yang akan kita bagikan dua hari ke depan.  “, kata Alba Kamis malam 21/9/2023 di sela sela pembagian air di RT 06 RW 03 desa Kedungmalang.

Selain untuk kebutuhan warga setiap hari beberapa tangka air juga dikirim ke Musholla dan masjid untuk kegiatan bersuci warga. Bak bak air yang digunakan untuk berwudhu yang biasanya dipasok dari saluran air PDAM kini banyak yang kosong. Dengan adanbya droping air kegiatan peribadahan warga menjadi lancar.

“ Kalau kondisinya panas terus kayak begini mau tidak mau ada tambahan lagi pasokan air bersih ke desa Kedungmalang. Selain dari KRJ setiap hari ada beberapa tangka yang disuplai dari fihak lain . Semu aitu bertujuan untuk meringankan beban warga di kala musim kemarau “, tambah Alba.

Sementara itu Petinggi desa Kedungmalang Mustafiyatun mengatakan , wilayahnya ada beberapa tempat yang suplai air PDAMnya tidak lancar. Sehingga warga kesulitan dalam penyediaan air bersih. Oleh karena itu fihaknya mengharapkan bantuan suplai air bersih untuk warganya. Air bersih saat ini barang berharga bagi warganya yang terdampak kekeringan.

“ Terima kasih pada semua fihak yang telah membantu mengirim air ke warga secara gratis termasuk relawan KRJ Jepara , BPBD Jepara dan juga relawan dari Partai Politik. Semoga bantuan air bersih ini bermanfaat untuk warga desa kami . Harapan kami ke depan saluran pipa PDAM bisa lancar di waktu musim kemarau seperti ini “, kata Mustafiyatun.( Pak Muin )