Pati  –  Bantuan Baznas bagi siswa dan penjaga sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) kurang mampu di Kabupaten Pati diserahkan di Pendapa Kabupaten Pati, Selasa (5/9/2023) Sebanyak 1.475 siswa dan penjaga SD/MI mendapatkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pati.

Kepala Bappeda Kabupaten Pati menyampaikan permohonan maaf jika siang ini Pj Bupati tidak bisa mengikuti agenda ini karena ada kegiatan di Semarang dan terima kasih kepada Baznas yang telah menyampaikan amanah. Semoga menjadi keberkahan dan kemaslahatan umat.

Dalam laporannya Ketua Baznas Pati Imam Zarkasi mengatakan setiap siswa dan penjaga SD/MI mendapatkan bantuan uang tunai Rp 500 ribu. Ia pun berharap bantuan ini bisa bermanfaat.

”Hari ini kita sampaikan bantuan, mudah-mudahan tidak dilihat segi materinya. Penjaga SD/MI non ASN se Kabupaten Pati sebanyak 727 orang menerima Rp 500 ribu per orang dengan jumlah 363,5 juta. Dana pendidikan sekolah sebanyak 748 siswa SD/MI menerima Rp 500 ribu per siswa, jadi berjumlah Rp 374 juta,” ujar Imam Zarkasi.

Ketua BAZNAS Kab Pati Imam Zarkasi

 

Pada kesempatan ini Baznas Pati juga menyerahkan kepada pengusaha bengkel, sebanyak 15 pemilik bengkel di Kabupaten Pati menerima bantuan dari Baznas Pati. Setiap pemilik bengkel mendapatkan bantuan Rp 3 juta.

”Sebanyak 15 bengkel binaan Baznas. Masing-masing mendapatkan bantuan Rp 3 juta untuk modal. Jadi jumlahnya Rp 45 juta,” ujar Ketua Baznas Pati Imam Zarkasi usai penyerahan secara simbolik.

Pihaknya memilih pemilik bengkel lantaran menilai, masih banyak bengkel pemula yang belum mempunyai peralatan yang memadai.

”Sehingga kita bekali peralatan dengan demikian bisa menambah kesejahteraan keluarga,” kata dia.

Ia mengatakan pemberian bantuan kepada pengusaha bengkel ini merupakan yang pertama kali bagi Baznas Pati. Sebelumnya, pihaknya memberikan bantuan kepada pengusaha tata boga, penjahit dan sebagainya.  ( Agus )