Jepara – Perubahan tempat atau letak suatu desa bisa berubah karena sesuatu hal . Seperti desa Kaliombo kecamatan Pecangaan dari peta lama yang dilihat di website Perpustakaan Leiden Belanda tempatnya dulu tidak di posisi yang sekarang,

Dari Peta lama tersebut desa Kaliombo Letaknya di sebelah Seatan jalan raya Kedungmalang-Pecangaan dan letaknya sebelah Barat desa Gerdu. Saat ini tempat tersebut berupa lahan sawah . Entah apa penyebabnya desa tersebut terus dipindah ke Utara jalan raya dan letaknya pindah ke Barat.

Dari letak posisinya desa Kaliombo yang sekarang lebih rapi letaknya rumahnya jika dibandingkan desa lain . Jalan jalan kampung tertata rapi selain itu ada sungai yang melingkari kampung ini. Selain itu des aini lebih luas dibandingkan desa yang lama.

Bukti lain bahwa desa Kaliombo saat ini adalah pindahan yaitu salah satu dukuhnya yaitu ndoropayung atau godhang saat ini letaklnya cukup jauh. Namun jika sesuai dengan peta lama tersebut dukuh ini tidak begitu jauh .

Nah bagi pembaca yang punya cerita tentang desa Kaliombo lama bisa diceritakan kepada pembaca agar tidak gagal paham dengan peta lama tersebut diatas. ( Muin )