DemakĀ  – Meski sudah lebih dari satu tahun, pandemi virus corona masih terus menyerang penduduk di berbagai belahan dunia. Namun, kabar baikuntuk negara kita Indonesia, angka kesembuhan harian bertambah mencapai 706 orang sembuh per hari.

Adanya penambahan hari ini meningkatkan angka kumulatif kesembuhan hingga menembus angka 4 juta orang sembuh atau tepatnya 4.098.884 orang (15/11/2021). Sejalan dengan itu, kasus aktif atau pasien positif yang masih membutuhkan perawatan medis, berkurang lagi sebanyak 496 kasus dan totalnya menjadi 8.522 kasus.

Sementara pasien terkonfirmasi positif (RT-PCR/TCM dan rapid antigen), hari ini bertambah sebanyak 221 kasus dan kumulatifnya, atau jumlah pasien terkonfirmasi positif yang tercatat sejak kasus pertama hingga hari ini mencapai 4.251.076 kasus (covid19.go.id).

Dengan penurunan kasus Covid-19, banyak masyarakat yang abai akan pentingnya tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada, penggunaan masker salah satunya. Hal ini menjadikan fokus tersendiri bagi Mahasiswa KKN RDR 77 Kelompok 14 UIN Walisongo Semarang, untuk mengadakkan program pembagian masker dan sosialisasi pada warga Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal.

Tujuan berlangsung nya kegiatan ini adalah sebagai wujud kepedulian anggota KKN RDR 77 Kelompok 14 UIN Walisongo Semarang untuk warga yang ada di lingkungan sekitar Desa Sriwulan, agar selalu menanamkan kesadaran saling mengingatkan, mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam hal penggunaan masker, sekaligus mensosialisasikan pentingnya penggunaan masker saat diluar rumah dan menyampaikan agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat dikarenakan pandemi belum sepenuhnya pergi dari kehidupan kita saat ini.

Pentingnya untuk ingat dan saling mengingatkan pada sesama masyarakat menjadi poin pembahasan yang paling penting. Saling mengingatkan kepada anak-anak hingga orang dewasa, menjadi tugas kita bersama. Pemberian edukasi dan informasi kepada anak-anak sekitar juga tidak kalah penting, apalagi melihat kondisi sosialisasi dan tingkat bermain pada anak-anak yang berada di desa, tentu tidak bisa di samakan dengan anak-anak rumahan yang berada di kota bukan? Efektivitas bermain dan bersosialisasi anak-anak di desa cukup intens pada teman sebaya nya, oleh karna itu, orang tua berperan penting dalam mengingatkan penggunaan masker pada anak-anak mereka saat akan bermain di luar rumah.

Sebagai upaya pencegahan dan pengendalian kasus Covid-19, kegiatan edukasi protokol kesehatan dan saling mengingatkan ini harus sering di lakukan. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab sesama masyarakat di seluruh daerah di negeri kita tercinta, dan diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dari setiap individu akan pentingnya protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.