Jepara  – BPBD Jepara, Hari ini Jum’at 5 November 2021, menggelar acara Pelatihan Penanggulangan dan Mitigasi Bencana di Hutan Pinus Batealit, Kab. Jepara.

Kegiatan Bintek SAR dan Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana (Vertical Rescue)
ini rutin dilaksanakan BPBD Jepara, dalam rangka meningkatkan kapasitas Relawan dan rasa jiwa corsa, serta kekompakan, dalam giat penanggulangan bencana.

Giat ini melibatkan perwakilan dari seluruh potensi relawan di Jepara, diantaranya dari Jepara Rescue, BAGANA, Ubaloka, LINDU AJI Rescue, PP Rescue,RAPI, ORARI, SAR Jepara, MRI, PMI dan yang lainnya.
Adapun kegiatan ini akan di laksanakan selama 3 hari, dan akan berakhir hari Ahad….

Selama tiga hari itu peserta akan di berikan beberapa materi SAR, dengan instruktur dari dinas terkait, terutama dari , Basarnas, Kodim, Polri dan DKK.

“Ending dari kegiatan ini diharapkan menghasilkan potensi relawan yang tangguh, berdedikasi, berskill mumpuni, terlatih dan mempunyai jiwa corsa yang kuat….dan koordinatif ” demikian harapan dari Bp.Drs Arwin Nur Isdianto, selaku Kalaksa BPBD Kab.Jepara yang selalu mendampingi giat ini.

Giat juga untuk persiapan menghadapi musim hujan, yang biasanya sering terjadi kejadian kebencanaan.

” Jepara ini termasuk wilayah yang mempunyai kerawanan bencana yang sangat tinggi, di wilayah Jawa Tengah, oleh karena itu butuh persiapan dini untuk menghadapinya” lanjut Pak Arwin.

Harapanya giat Bintek SAR ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses, serta bisa menghasilkan Relawan Bencana yang tangguh…..

Sumber info : Alba  KRJ Jepara