Jepara – Air banjir yang menggenangi desa Dorang kecamatan Nalumsari sampai Kamis Siang (4/2) belum surut , sehingga beberapa warga masih ada yang belum kembali ke rumahnya. Sehingga bantuan untuk warga yang terdampak juga masih mengalir. Selain dari Pemerintah bantuan juga datang dari ormas dan Partai Politik. Selain itu juga komunitas warga juga ikut dalam kegiatan ini.

Dari pantau kabarseputarmuria  selain Pemerintah Kabupaten Jepara bantuan juga datang dari beberapa Partai Politik di Jepara misalnya PDIP ,PKB ,Nasdem . Untuk organisasi kemasyarakatan misal NU dan nevennya, organisasi RAPI Jepara , Lindu Aji dan juga kelompok Relawan seperti Komunitas Relawan Jepara.

Selain mereka memberikan bantuan berupa makanan , sembako dan barang kebutuhan lainnya .Mereka juga menyumbangkan tenaganya dengan mengevakuasi warga yang rumahnya tergenang air sehingga membutuhkan pengungsian sementara untuk menanti air surut.

Camat Nalumsari, Mutamadin Arif Kamis (4/2-2021) pagi saat seperti yang dilansir dari Suarabaru id mengatakan  terkait dengan perkembangan banjir di wilayahnya. “Alhamdulilah air telah mulai surut. Jika dibandingkan kemarin telah turun sekitar 20 Cm. Kini diwilayah pemukiman tinggi air sekitar 50 cm,” ujarnya.

Lambatnya penurunan air dikarena sempitnya saluran air yang menuju ke sungai SWD 1 maupun SWD 2 . Dengan laju aryus yang kecil maka genangan air mebutuhkan waktu nyang lama. Terbalik dengan kondisi yang sebelumnya ketika air masuk arus air cukup deras sehingga air cepat menyebar .

Banjir yang melanda Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Jepara akibat limpasan air SWD 1  sejak hari  Minggu ini berakibat 150 ha tanaman padi terendam dan 1.005 KK di dua 12 RT di padukuhan  desa tersebut  terendam.