Jepara – Pantai 1000 Ranting desa Panggung kecamatan Kedung kembali menjadi ajang Lomba Layang – layang memperebutkan piala Bupati Jepara. Acara yang berlangsung hari Minggu 6 Oktober 2019 dibuka oleh Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi. Hadir pula Forkopimda lainnya Dandim dan juga pejabat lainnya.

Plt Bupati Jepara dalam sambutannya mengatakan. ajang lomba layang layang ini selain melestarikan budaya Jepara juga diharapkan untuk menarik pengunjung di obyek wisata ini. Oleh karena itu ia berharap ajang lomba layang layang ini jangan sampai hilang. Pemerintah Jepara mendukung semua kegiatan yang positif dari warga masyarakat. Ia berharap kunjungan wisatawan ke Jepara terus naik.

” Saya mengharapkan warga selalu menjaga kebersihan lingkungan terutama Pantai ini agar pengunjung betah dan kembali datang ke pantai ini”, kata Bupati Jepara.

Syafii salah satu panitia lomba Layang-Layang pada kabar seputar muria mengatakan, lomba diikuti 32 peserta yang datang dari penjuru Jepara dan beberapa ada yang datang dari luar kota seperti Tuban, Jogya dan Magelang.

Ada berbagi macam kreasi layang layang yang ditampilkan. Mulai dari model klasik sampai dengan layang layang tiga dimensi. Semua kresi layang layang menarik pengunjung yang hadir di pantai 1000 Ranting desa Panggung.

” Dari segi peserta menurun dibandingkan tahun lalu, namun dari segi kualitas ada kenaikan. Banyak ragam yang ditampilkan di lomba layang layang hari ini”, kata Syafii yang juga tokoh masyarakat desa Panggung.
Adapun hasil lomba adalah kategori kreasi no 1 naga dari tuban jatim, no 2 naga dari Jepara, no 3 Batman Jepara.ย Sedang kategori tradisional/sowangan juara 1,2,3 didominasi dari Jepara semua (Muin)